Find Us On Social Media :

Masa Bodo dengan Barat yang Memusuhinya, Rusia Pepet Negara Ini untuk Tingkatkan Kerjasama, Proyek-proyek Ini Siap Dijalankan

By Tatik Ariyani, Selasa, 24 Mei 2022 | 09:42 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin

Intisari-Online.com - Setelah Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina, negara-negara Barat menjatuhkan rentetan sanksi yang belum pernah ada sebelumnya terhadap Rusia.

Sanksi-sanksi tersebut seperti larangan investasi hingga pembekuan aset terhadap para pemimpin Rusia dan oligarki, serta penolakan akses ke bandara dan wilayah udara.

Akses Rusia ke sistem pembayaran internasional SWIFT juga telah dikurangi.

Mereka telah menjatuhkan sanksi untuk menghalangi Rusia melakukan invasinya terhadap Ukraina lebih lanjut.

Agar ekonomi negara tersebut terus berjalan di tengah sanksi yang memberatkan, Rusia pun menerapkan beberapa strategi.

Pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa Rusia mengharapkan peningkatan kerjasama ekonomi dengan China karena Barat menjadi lebih diktator. 

Melansri RT, Senin (23/5/2022), Rusia bermaksud untuk membangun hubungan dengan negara-negara merdeka dan akan memutuskan bagaimana berurusan dengan Barat jika dan ketika itu masuk akal, tambahnya.

“Sekarang Barat mengambil posisi diktator, hubungan ekonomi kita dengan China akan tumbuh lebih cepat lagi,” kata Lavrov kepada siswa di Primakov School, sebuah sekolah menengah elit Moskow.

“Selain pendapatan langsung ke perbendaharaan, ini akan memberi kita kesempatan untuk mengimplementasikan rencana pengembangan Timur Jauh dan Siberia Timur,” tambahnya.

“Mayoritas proyek dengan China terkonsentrasi di sana. Ini merupakan kesempatan bagi kita untuk mewujudkan potensi kita di bidang teknologi tinggi, termasuk energi nuklir, tetapi juga di sejumlah bidang lainnya.”

Pernyataan Lavrov dibuat di '100 Pertanyaan untuk Pemimpin', sebuah acara tradisional yang diselenggarakan oleh akademi Moskow.

Mengatasi gejolak yang sedang berlangsung di Ukraina, Lavrov mengatakan bahwa Moskow telah mencoba untuk menyelesaikan krisis Donbass dengan meminta Kyiv menerapkan Protokol Minsk, tetapi Barat hanya berpura-pura peduli dengan pembicaraan tersebut, dan sebaliknya “mendorong posisi arogan rezim Kyiv.”