Find Us On Social Media :

Bersembunyi di Kedalaman Hutan Amazon, Inilah Suku Awa, Suku Primitif Terancam Punah yang Konon Memiliki Kemampuan Bak Sniper dengan Busur Panah

By Tatik Ariyani, Senin, 23 Mei 2022 | 12:11 WIB

Suku Awa di Hutan Amazon

Intisari-Online.com - Dari sekitar 100 suku yang mendiami pedalaman hutan Amazon, ada suku yang dianggap paling terancam punah di Bumi yakni suku Awa.

Orang-orang Awa telah lama berada di wilayah yang berbahaya karena pembalakan liar, yang dapat memusnahkan mereka sepenuhnya.

Dari tahun 1800, Awa mulai mengadopsi gaya hidup nomaden setelah pemukim Eropa mulai menyerang wilayah tersebut, dan sejak itu mereka mampu melestarikan sebagian besar budaya mereka.

Namun, saat Amazon menjadi sasaran gelombang pembangunan, suku ini sekarang berjuang untuk melindungi tradisi pemburu-pengumpul dan kehidupan mereka.

Hal ini berbeda dengan suku-suku lain yang anggotanya bertahan hidup dengan pemberian pemerintah.

Dengan hanya tersisa 80 anggota, pertanyaannya adalah berapa lama lagi Awa bisa bertahan?

Melansir Daily Star, Sabtu (22/5/2022), sebelum kedatangan penjajah Portugis lebih dari 500 tahun yang lalu, Awa terletak di negara bagian Para, di Brasil utara, di mana mereka menetap di desa-desa kecil dan bercocok tanam.

Namun, kedatangan penjajah menyebabkan kerusuhan dan pemberontakan, dan suku tersebut bermigrasi ke timur ke Maranhao.

Di sana, mereka menemukan suku yang lebih besar, Guajajara, dan keluar dari wilayah tersebut.

Akhirnya, orang Awa, yang berjuang untuk menemukan tempat tinggal, mengadopsi gaya hidup nomaden yang mereka lakukan hingga hari ini.

Beberapa anggota telah memilih untuk tinggal di cagar alam Alto Turiaçu yang dilindungi, tetapi beberapa orang lainnya lebih memilih untuk terus bergerak, menciptakan keterputusan antara mereka dan peradaban lainnya.

Bahasa resmi orang Awa adalah Guaja, bahasa Tupi-Guarani.