Find Us On Social Media :

Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Keputihan

By MeetDoctor, Senin, 24 November 2014 | 10:00 WIB

Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Keputihan

Intisari-Online.com - Keputihan adalah salah satu masalah yang dialami oleh banyak wanita. Walaupun bukan sesuatu hal yang menyeramkan, namun keputihan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain rasa gatal, keputihan kadang menimbulkan aroma tak sedap.Keputihan adalah sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan biasanya ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih berbau yang berasal dari saluran vagina.Tak hanya itu, cairan keputihan juga bisa encer atau kental dan bahkan terkadang berbusa. Cairan keputihan sebagian besar berasal dari leher rahim. Namun, ada juga cairan keputihan yang berasal dari vagina yang sudah terinfeksi atau alat kelamin luar. Kondisi tersebutlah yang dinamakan keputihan patologis atau keputihan tak normal.Keputihan patologis dapat terjadi karena infeksi pada vagina, adanya benda asing pada vagina, atau karena keganasan. Di sisi lain, infeksi bisa diakibatkan virus, bakteri, jamur, dan parasit Trichomonas vaginalis.Penyebab timbulnya keputihan beraneka ragam dan berasal dari kebiasaan sehari-hari, seperti berikut ini:

  1. Daya tahan tubuh yang lemah atau terlalu lelah.
  2. Menggunakan tisu untuk mengeringkan vagina sesudah buang air kecil atau air besar.
  3. Menggunakan pakaian dalam yang ketat dan terbuat dari bahan sintetis yang tidak menyerap keringat dan dapat membuat vagina menjadi lembap.
  4. Salah membilas vagina usai buang air kecil yaitu dari anus ke vagina. 
  5. Memakai cairan pembersih vagina yang mematikan bakteri normal. Padahal bakteri ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan vagina.
  6. Malas mengganti pembalut, padahal Anda harus mengganti pembalut setiap 4 – 8 jam sekali. Demikian pula dengan pantyliner.
  7. Iritasi saat berhubungan seksual. 

Ditinjau oleh dr. Alexander Chandra, Sp.KK