Find Us On Social Media :

Mampu Terbang di Lintasan Ruang Angkasa, Konon Senjata Militer Rusia Ini Nyaris Tak Bakal Tertandingi di Masa Depan, Inilah Rudal Sarmat Senjata Nuklir Rusia, Sehebat Apa Kemampuannya?

By Afif Khoirul M, Senin, 23 Mei 2022 | 09:30 WIB

Rudal nuklir Sarmat Rusia dalam uji peluncuran

Intisari-online.com - Rusia merupakan negara dengan berbagai peralatan militer canggih, dan kini sedang berperang dengan Ukraina.

Otomatis peralatan militernya terus menjadi sorotan dunia, dan berbagai senjata berbahaya Rusia terus mendapat perhatian.

Salah satunya adalah senjata nuklir Rusia, yang dikenal dengan Rudal Sarmat, yaitu rudal balistik yang membawa hulu ledak nuklir.

Sarmat, rudal balistik antarbenua (ICBM) terbaru Rusia, dapat terbang di atas Kutub Utara, Antartika, dan banyak orbit lainnya.

Selama beberapa dekade mendatang, tidak ada sistem pertahanan udara yang dapat mencegat rudal super-nuklir ini.

Ini adalah pernyataan Jenderal Rusia Sergei Karakaev, Komandan Pasukan Rudal Strategis, menurut Sputnik.

"Karena rasio power-to-weight dari roket baru, lintasan Sarmat kemungkinan akan berubah," katanya.

"Rudal nuklir Rusia sering terbang di atas Kutub Utara dan, jika perlu, dapat bergerak ke Kutub Selatan," tambahnya.

Baca Juga: Meski Biasa Dikawal Kendaraan Lapis Baja, Putin Gemar 'Nyetir' Sendiri, Ini 10 Mobil yang Pernah Dikemudikannya

"Rudal itu juga mampu mengikuti lintasan lain, termasuk kemampuan untuk terbang ke tepi ruang angkasa," ungkap Karakaev kepada saluran TV pertahanan Rusia Zvezda TV.

Menurut Karakaev, dalam beberapa dekade ke depan, akan sulit untuk membuat sistem senjata untuk mencegat Sarmat.

"Saat ini, tidak ada sistem pertahanan udara yang dapat mencegat rudal Sarmat dan mungkin tidak akan ada lagi selama beberapa dekade mendatang," prediksi Karakaev.