Find Us On Social Media :

Kerajaannya Repot-Repot Dibangun dengan Hebat Oleh Ayahnya, Raja Penerus Dinasti Sui Ini Malah Bikin Kerajaannya Bangkrut Gara-Gara Gila Perang, Rakyatnya Sampai Marah dan Lakukan Pemberontakan

By Afif Khoirul M, Selasa, 17 Mei 2022 | 18:09 WIB

Kaisar Yang dari Dinasti Sui.

Intisari-online.com - Dinasti Sui (581–618), salah satu dinasti di Tiongkok Kuno, yang hanya bertahan dengan dua kaisar saja.

Sui hanya memiliki dua kaisar, jadi siklus dinasti lebih dipercepat di sini.

Ada dua kaisar yang pernah berkuasa di Dinasti Sui, pendirinya kemudian kaisar terakhir dari Dinasti Sui.

Kaisar pendiri Dinasti Sui adalah, Sui Wendi (541–604), adalah penguasa yang hebat seperti yang pernah dilihat Tiongkok.

Dia menyatukan dataran tengah setelah hampir tiga abad perpecahan.

Tapi setelahnya mendorong batas-batas kerajaannya ke luar dalam serangkaian kampanye yang dilakukan putranya, Sui Yangdi akibat obsesi perangnya.

Sui Yangdi menindaklanjuti invasi Vietnam pada tahun 602 dengan serangkaian upaya keliru untuk menaklukkan Kerajaan Goguryeo di semenanjung Korea.

Pada akhirnya malah membuat negara tersebut bangkrut.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Raja Berbakat dan Cerdas Saat Naik Takhta, Kaisar Cina Ini Malah Tinggalkan Pemerintahannya Selama 20 Tahun, Terungkap Alasannya Tinggalkan Pemerintahan Masuk Akal!

Sui Yangdi menutupi kerugian perangnya dengan meningkatkan pajak dan wajib militer dan ini menyebabkan kerusuhan sipil di seluruh kekaisaran.

Dalam bentuk kaisar terakhir yang sebenarnya, dia juga sedikit terlalu menyukai para wanita.

Istananya dilaporkan memiliki lusinan kamar, masing-masing ditempati oleh seorang permaisuri yang cantik untuk kesenangan dan kenyamanan kaisar.