Find Us On Social Media :

'Setrika' Wajah demi Kerutan

By Agus Surono, Selasa, 11 Desember 2012 | 11:06 WIB

'Setrika' Wajah demi Kerutan

Intisari-Online.com - Tanya: Dr Lalan, saya seorang Ibu berusia 29 tahun dengan dua orang anak, ingin menanyakan soal kerutan yang timbul di wajah, terutama di dahi dan pinggiran mata. Padahal kalau saya perhatikan teman-teman sebaya mereka belum memilikinya. Jadi kalau kumpul sama teman, saya kok terlihat lebih tua.

Ada teman yang menyarankan untuk melakukan setrika wajah. Apa sebenarnya setrika wajah itu dan bagaimana pendapat dokter?

Terima kasih. (Maya - Jakarta)

Jawab:

Dear Ibu Maya,

Persoalan kerutan pada wajah memang sering menjadi kerisauan orang terutama kaum wanita. Persoalan kerutan biasanya muncul pada usia yang sudah lanjut sehingga wajar jika wanita yang memiliki kerutan merasa dirinya tidak muda lagi.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memperoleh kerutan dini pada wajahnya adalah sering terpapar sinar matahari langsung maupun tidak langsung, perokok pasif/aktif, serta kurang peduli terhadap kesehatan kulit wajahnya.

Kerutan wajah dini bisa dicegah dengan menghindari hal-hal yang disebut di atas, misalnya menggunakan krim tabir surya (sunscreen), menggunakan kosmetika yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit, serta perawatan wajah yang rutin.

Setrika wajah

Saat ini dengan makin berkembangnya teknologi termasuk di bidang kecantikan, kerutan wajah bisa dihilangkan/disamarkan dengan alat yang sehari-hari diistilahkan dengan "setrika wajah" atau Radio Frequency Treatment yang sering disingkat dengan RF saja. Jadi, bukan disetrika dengan setrika yang biasa digunakan sehari-hari di rumah tangga lo Bu. Berbeda sekali. 

Setrika wajah ini menggunakan elektroda-elektroda untuk mengencangkan kulit dan mengurangi garis-garis wajah atau kerutan. Hasilnya kulit wajah akan lebih kencang, kenyal, dan terangkat. Hal ini bisa terjadi karena dengan adanya panas (lebih tepat disebut hangat) yang terjadi pada kulit yang "disetrika", bisa meningkatkan produksi kolagen dan membuang racun-racun yang ada melalui sistem limfatik. Kulit yang telah "disetrika" itu pun akan bisa memperoleh nutrisi yang lebih banyak dan menjadi lebih sehat. 

Selain untuk mengurangi kerutan, "setrika" wajah dan leher juga bermanfaat untuk: