Find Us On Social Media :

Tak Cuma Yupa, Benda-benda Ini Termasuk Peninggalan Kerajaan Kutai

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 10 Mei 2022 | 17:00 WIB

Ketopong atau mahkota Sultan Kutai, termasuk salah satu peninggalan Kerajaan Kutai.

Intisari-Online.com – Tidak ada catatan resmi tentang Kerajaan Kutai hingga saat ini, namun, dari peninggalan kerajaan Kutai, kita bisa mengetahui keberadaan Kerajaan Hindu tertua di Nusantara ini.

Peninggalan Kerajaan Kutai yang ditemukan, seperti prasasti tersebut yang menjadi sumber atau bukti keberadaan kerajaan Kutai.

Peninggalan Kerajaan Kutai yang merupakan kerajaan tertua di Nusantara ini membuktikan keberadaan Kerajaan Kutai tersebut.

Kerajaan Kutai terletak di tepi sungai Mahakam di Muara Kaman, Kalimantan Timur, dekat kota Tenggarong.

Diperkirakan Kerajaan Kutai berdiri pada abad kelima Masehi atau 400 tahun Masehi, ini dibuktikan dengan ditemukannya peninggalan Kerajaan Kutai berupa tujuh buah Yupa atau prasasti tiang batu.

Ketujuh Yupa tersebut ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta.

Yupa dahulu memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai prasasti, lalu tiang pengikat hewan untuk upacara korban keagamaan, dan lambang kebesaran raja.

Para sejarawan meyakini bahwa tulisan yang tertera pada Yupa, yaitu Raja Kudungga berasal dari Indonesia.

Tidak hanya  Yupa, terdapat benda lain peninggalan Kerajaan Kutai yang membuktikan kejayaan kerajaan tertua ini di masa lalu.

Beberapa peninggalan Kerajaan Kutai ini masih bisa ditemukan di Museum Mulawarman yang letaknya di Kota Tenggarong, Kutai, Kartanegara.

Berikut ini adalah benda-benda yang merupakan peninggalan Kerajaan Kutai, yaitu:

1. Ketopong Sultan Kutai