Find Us On Social Media :

Makin Berani, Ukraina Luncurkan Serangan Bom Bertubi-tubi ke Pulau yang Diduduki Rusia Ini dengan Senjata Seadanya

By Tatik Ariyani, Selasa, 10 Mei 2022 | 09:00 WIB

Rekaman serangan militer Ukraina ke Pulau Ular yang diduduki Rusia

Intisari-Online.com - Pada 7 Mei, militer Ukraina merilis rekaman dua pemboman udara berturut-turut di Pulau Ular (Snake Island) yang diduduki Rusia, yang membuktikan bahwa Angkatan Udara Ukraina masih dalam pertempuran.

Pasukan Rusia telah ditempatkan di Pulau Ular sejak Angkatan Laut Rusia merebutnya selama hari-hari awal invasi pada bulan Februari.

Pasukan Ukraina telah meluncurkan kampanye militer yang intens untuk memulihkan wilayah itu sebagai bagian dari pertahanan yang sedang berlangsung terhadap serangan Rusia.

Pulau ini terletak 35km selatan pantai Ukraina di Laut Hitam dan sekitar 300 km barat Krimea, wilayah Ukraina yang dianeksasi Rusia pada tahun 2014.

Pertama, pesawat tak berawak Bayraktar TB2 Ukraina melakukan serangan rudal di atas Pulau Ular, melansir The EurAsian Times, Senin (9/5/2022).

Serangan itu menghantam kapal pendarat kelas Proyek 11770 Serna dan sebuah bangunan di pos terdepan Laut Hitam Barat yang terpencil.

Rekaman dari pesawat tak berawak itu memperlihatkan sebuah rudal yang mengenai kapal pendarat di jalur perahu Pulau Ular, yang dapat dilihat dengan sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) Tor di dalamnya.

“Unit musuh di Pulau Ular tetap tanpa perlindungan udara dan akan dihancurkan dan dibakar seperti kecoa atau belalang,” kata pejabat Ukraina Anton Gerashchenko.

Tak lama setelah serangan pesawat tak berawak di kapal pendarat kelas Serna, ada rekaman lain yang dirilis oleh militer Ukraina.

Rekaman kedua menunjukkan dua Angkatan Udara Ukraina Su-27 Flanker terbang sangat rendah di atas pulau dan menjatuhkan bom di beberapa sasaran dalam satu lintasan.

Video difilmkan oleh Bayraktar TB2 Ukraina, menunjukkan bidikan pulau dari barat.

Dua Su-27 terlihat masuk dari selatan, terbang lebih rendah dari mercusuar di titik selatan pulau itu dan menjatuhkan suar penanggulangan inframerah.