Find Us On Social Media :

'Mengapa Seorang Jenderal Harus Laki-laki?', Kehebatannya sampai Diakui Kaisar Chongzhen, Inilah Jenderal Wanita Terkenal dari Dinasti Ming

By Khaerunisa, Kamis, 5 Mei 2022 | 10:50 WIB

Qin Liangyu, jenderal wanita dari Dinasti Ming Tiongkok.

Intisari-Online.com - Ada banyak jenderal hebat dalam sejarah Tiongkok, tapi sedikit dari mereka yang merupakan seorang wanita.

Qin Liangyu adalah seorang jenderal wanita terkenal di akhir Dinasti Ming, yang kehebatannya diakui kaisar yang memerintah saat itu.

Dia adalah sosok pemberani dan banyak akal, pandai memanah dan menunggang kuda. Dia tenang, juga ketat dalam melatih prajuritnya.

Inilah Qin Liangyu jenderal wanita terkenal dari Dinasti Ming.

Melansir military-history.fandom.com, Qin Liangyu lahir di Kabupaten Zhong, Sichuan pada akhir Dinasti Ming dari orang tua etnis Miao.

Ayahnya, Qin Kui, percaya anak perempuan harus mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak laki-laki, serta belajar sejarah dan klasik dengan saudara laki-lakinya.

Dia juga mengajari mereka gong fu. Qing Liangyu belajar seni bela diri lebih dari saudara laki-lakinya dan menjadi mahir dalam memanah dan berkuda.

Selain itu, ia juga dikenal karena keterampilannya dalam puisi.

Baca Juga: Sampai Bikin Kaisar Liu Bang Cemburu dan Takut Tersaingi, Inilah Han Xin, Jenderal China Terbesar dari Dinasti Han Barat, Kematiannya Tragis

Baca Juga: Saking Kejamnya sampai Membuat Para Selir Ingin Membunuhnya, Dicekik saat Tidur, Kaisar China Ini Lolos dari Maut dan Semua yang Terlibat Dieksekusi

Dia menikah dengan seorang komandan distrik lokal kepala suku Shizhu, Ma Qiancheng, dan menemaninya selama pertempuran kecil melawan panglima perang lokal di perbatasan barat daya Kekaisaran Ming.

Pada tahun 1599 Yang Yinglong memberontak, Ma Qiancheng membawa tiga ribu penunggangnya untuk menekannya, sementara Qin Liangyu membawa tambahan lima ratus dan mereka berhasil, yang membuat keuntungan pasukan mereka menjadi penting.