Find Us On Social Media :

Mulai Sekarang, Perhatikan Selalu Warna Urine dan Feses Anak, Hepatitis Akut yang Diduga Picu Kematian 3 Anak Salah Satunya Ditandai Hal Tersebut!

By K. Tatik Wardayati, Senin, 2 Mei 2022 | 10:50 WIB

Perhatian untuk para orangtua, untuk selalu perhatikan urine dan feses anak.

 

Intisari-Online.com – Perhatian untuk para orangtua, mulai sekarang coba perhatikan selalu warna urine dan feses anak.

Dari warna urine dan feses anak itu, orangtua bisa mengetahui ada yang bermasalah pada tubuh si anak bila warna keduanya tidak seperti biasanya.

Peristiwa yang terjadi baru-baru ini bisa membuat banyak orangtua untuk bercermin.

Tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta meninggal dunia diduga karena hepatitis akut misterius.

Kasus hepatitits akut yang misterius sebelumnya diduga juga menimpa anak-anak di sejumlah negara Eropa dan Asia.

Sementara, tiga pasien anak yang meninggal tersebut terjadi dalam rendang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022 dengan dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Untuk itu, Kemenkes tengah melakukan investigasi mengenai penyebab kejadian hepatitis akut misterius ini melalui pemeriksaan panel virus lengkap.

“Selama masa investigasi, kami menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, dalam keterangan resmi yang diterima kompas.com, Minggu (1/5/2022).

Menurut Nadia, ketiga pasien yang meninggal ini merupakan rujukan darirumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Dari pihak Nadia menyebut bahwa Kemenkes telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua minggu terakhir usai Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak ini belum diketahui penyebabnya, sehingga disebutkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Menurut Nadia, orangtua perlu mewaspadai penyakit ini dengan mengamati sejumlah gejala.

Gejala yang timbul pada kasus hepatitis akut misterius pada anak yang tidak diketahui penyebabnya ini seperti berikut: