Find Us On Social Media :

Negaranya Hancur saat Diperintah Olehnya, Kaisar Ini Malah Jadi Salah Satu Kaisar China Paling Terkenal dan Tinggalkan 'Jejak Besar' hingga Sekarang

By Khaerunisa, Rabu, 27 April 2022 | 19:20 WIB

Kaisar Huizong dari Dinasti Song.

Intisari-Online.com - Di bawah pemerintahan kaisar yang satu ini, Dinasti Song semakin melemah, bahkan ia harus melarikan diri ketika negaranya hancur.

Tapi, ia justru menjadi salah satu kaisar China paling terkenal dan meninggalkan jejak hingga sekarang.

Dia adalah Kaisar Huizong, kaisar kedelapan dari Dinasti Song Cina yang memerintah antara tahun 1100 hingga 1126.

Kehidupan pribadinya dihabiskan di tengah kemewahan, kecanggihan dan seni tetapi berakhir dengan tragedi.

Melansir chinaculture.org, Kaisar Huizong tidak diragukan lagi jauh dari model kaisar. Dia mengabaikan tentara sementara Song China menjadi semakin lemah dan di bawah belas kasihan musuh asing.

Pada awal tahun 1126, dinasti Jin, musuh kuat dari utara, menyerang Kaifeng, ibu kota Kekaisaran Song. Terserang panik, Huizong melarikan diri.

Berkat pejabat pemberani yang menemukan keberanian untuk tidak mengikuti pemimpin mereka, dinasti Jin tidak berhasil menduduki kota Kaifeng yang dibentengi dengan baik.

Tetapi, rezim Song dipaksa untuk menandatangani beberapa perjanjian yang memalukan dan memberikan upeti kepada atasan Jin.

Baca Juga: Selamat dari Kematian Akibat Wabah Cacar, Inilah Salah Satu Kaisar Terbesar dari Dinasti Qing, Termasuk Kaisar Paling Lama Memerintah dalam Sejarah Tiongkok

Baca Juga: Sosoknya Sering Tertukar dengan Pelacur Termasyhur China, Inilah Selir Donggo, Kematian Alaminya Bikin Kaisar Shunzhi Kudu Diawasi 24 Jam oleh Rakyatnya

Akhirnya Jin mengambil alih ibukota, menangkap Huizong dan sebagian besar istananya.

Sementara putra Huizong, yang kemudian lebih dikenal sebagai Kaisar Gaozong, berhasil melarikan diri dan mendirikan dinasti Song selatan yang ibu kotanya adalah kota Hangzhou.