Find Us On Social Media :

Memimpin Saat Terjadi Pemberontakan Taiping, Inilah Kaisar Xianfeng Mendiang Suami Ibu Selir Cixi yang Kejam, Simak Perjuangannya Melawan Kekuatan Eropa

By May N, Minggu, 24 April 2022 | 18:00 WIB

Ilustrasi Kaisar Xianfeng

Intisari - Online.com - Xianfeng, romanisasi Wade-Giles Hsien-feng, nama pribadi (xingming) Yizhu, nama kuil (miaohao) Wenzong, nama anumerta (shi) Xiandi, (lahir 17 Juli 1831, Beijing, Cina—meninggal 22 Agustus 1861, Rehe [Jehol; sekarang Chengde, provinsi Hebei]), nama pemerintahan (nianhao) dari kaisar ketujuh dinasti Qing (Manchu) (1644–1911/12) di Tiongkok.

Selama masa pemerintahannya (1850–61) Tiongkok secara internal dilanda oleh Pemberontakan Taiping (1850-1864) dan secara eksternal oleh konflik dengan kekuatan Eropa yang melanggar batas.

Pada saat kaisar Xianfeng naik takhta pada tahun 1850, kekaisaran Qing berada di ambang kehancuran.

Hanya beberapa bulan setelah ia menjadi kaisar, Pemberontakan Taiping pecah di provinsi Guangxi dan Guangdong di Cina Selatan.

Pasukan Manchu yang dikirim kaisar untuk menekan pemberontakan terbukti sangat tidak efektif sehingga para pemberontak dapat bergerak ke utara menuju lembah Sungai Yangtze, merebut kota Nanjing pada tahun 1853, dan melakukan ekspedisi yang gagal untuk merebut Beijing (1854–1855), ibukota Cina.

Dalam mengatasi pemberontakan, Xianfeng harus mengakui penurunan kemampuan bertarung orang Manchu dan semakin bergantung pada milisi sukarelawan yang dibesarkan di provinsi oleh Zeng Guofan dan pemimpin Cina lainnya yang cakap.

Pada saat yang sama, Pemberontakan Nian (1852–68) membuat bagian-bagian Cina Utara berantakan sementara pemerintah disibukkan dengan pemberontak di selatan.

Ancaman besar lainnya muncul dari Inggris Raya, Prancis, dan kekuatan Barat lainnya, yang menekan China untuk memperluas hak istimewa perdagangan yang telah diberikan kepada mereka melalui Perjanjian Nanjing (1842).

Xianfeng menolak negosiasi langsung dengan utusan Eropa , dan sebagai tanggapan pasukan Inggris dan Prancis menduduki Kanton pada tahun 1857 dan memaksa China untuk menyimpulkan perjanjian tersebut.

Perjanjian Tianjin dengan mereka pada tahun 1858.

Xianfeng menolak untuk meratifikasi perjanjian, bagaimanapun, dan sebagai tanggapan pasukan Anglo-Prancis mulai maju ke Beijing.

Xianfeng menolak untuk percaya bahwa sekutu Eropa dapat mengambil ibu kotanya tetapi terpaksa meninggalkan kota dengan rasa malu ketika mereka mencapainya pada bulan Oktober.