Find Us On Social Media :

Inilah Sun Hao, Salah Satu Kaisar Kejam Tiongkok, Gampang Curiga dan Segan Langsung Habisi Bawhannya Jika Ada yang Dicurigainya Meski Belum Terbukti

By Afif Khoirul M, Minggu, 24 April 2022 | 16:34 WIB

Ilustrasi kaisar China, Sun Hao.

Intisari-online.com - Sun Hao (242–284) adalah cucu Sun Quan, pendiri Wu Timur selama periode Tiga Kerajaan (220-280).

Dia adalah kaisar keempat dan terakhir Wu Timur, memerintah dari tahun 264 hingga 280.

Absurditas dan kekejamannya menyebabkan kehancuran Wu Timur oleh Jin pada tahun 280, sehingga mengakhiri periode Tiga Kerajaan.

Dia menjadi tawanan Sima Yan, Kaisar Wu dari Jin dan dikirim ke Luo Yang, di mana dia meninggal karena sakit pada tahun 284.

Sun Hao tidak hanya tidak mampu menangani urusan negara, tetapi dia juga boros, curiga, kejam, dan pendendam.

Kaisar, yang pada awalnya mengambil beberapa tindakan untuk mengurangi pajak, mengatur perilaku pejabat dan melepaskan banyak selir.

Membuatnya berubah menjadi seorang tiran yang menikmati anggur dan wanita, membunuh penasihat yang setia dan siapa saja yang tidak setuju.

Dia tidak lagi peduli dengan pekerjaan itu, tetapi menyibukkan diri dengan berhubungan seks dengan selir-selirnya dan membantai orang-orang yang tidak bersalah.

Baca Juga: Jadi Selir di Usia 16 Tahun, Petualangan Cixi 'Panjat Sosial' Sungguh Brutal hingga Diduga Membunuh Kaisar-kaisar Muda Termasuk Anak Kandungnya Sendiri, Kok Bisa?

Dia memerintahkan agar putri pejabat besar tidak menikah dengan siapa pun sebelum dia memutuskan apakah mereka cukup cantik untuk menjadi selirnya.

Mereka yang bersalah akan dibuang ke sungai tenggelam.

Dia lebih suka menghukum orang dengan mencungkil mata mereka dan mengupas kulit wajah mereka.