Find Us On Social Media :

Bagaimana Menjadi Pembaca Buku yang Baik?

By Monalisa Darwin D, Selasa, 3 Maret 2015 | 11:00 WIB

Bagaimana Menjadi Pembaca Buku yang Baik?

Intisari-Online.com - Di era modern saat ini, hampir semua orang terhubung dengan internet. Untuk mendapatkan informasi, masyarakat juga cenderung menggunakan internet, seperti membaca artikel, berita, editorial, dan lainnya. Melalui internet, informasi yang didapat lebih cepat dan ringkas. Tingkat membaca buku pada masyarakat mulai berkurang, lalu bagaimana agar kita bisa menjadi pembaca buku yang baik?

Bagi sebagaian orang, membaca buku lebih menyenangkan daripada melalui internet. Membaca buku memang membutuhkan waktu yang lebih lama dan penggunaan katanya yang lebih banyak, namun berikut ini adalah cara bagaimana menjadi pembaca buku yang baik:

1. Membaca lambat

Hal yang menyenangkan dari membaca buku adalah tidak ada iklan sehingga tidak akan mengganggu kita. Kita juga bisa membolak-balik setiap halaman sesuka kita. Dengan begitu, kita dapat membaca secara perlahan, benar-benar mendapati maksud dari setiap kalimat, dan ini membanti kita lebih memahami hal-hal yang jauh lebih baik.

2. Membaca banyak buku

Kita harus membuka diri untuk membaca banyak jenis buku. Dengan itu kita dapat memahami bagaimana perbedaan yang ada di setiap buku serta juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa kita.

3. Membaca dengan keras

Membaca dengan suara yang keras adalah cara untuk menerima informasi lebih baik. Hal ini biasanya dilakukan anak-anak sebagai latihan di sekolah untuk menghafal dan memahami hal-hal baik.

4. Gunakan kamus

Sebagian orang sering berhenti membaca karena penggunaan kata yang tidak ia mengerti. Nah, sediakanlah kamus! Walau awalnya terasa melelahkan karena harus membuka-buka kamus, namun lama-kelamaan kita akan mendapat pengetahuan baru tentang kosa kata sehingga tidak perlu kamus lagi.

5. Identifikasi pola dan gaya

Sebagai pembaca, kita harus mengidentifikasi pola dan gaya penulisan setiap penulis atau pengarang buku. Hal ini akan meningkatkan keterampilan kita ketika bercerita dan meningkatkan minat baca.