Find Us On Social Media :

Indonesia Mendadak Jadi Sorotan Dunia Gara-Gara Berencana Membeli Minyak di Rusia, Kondisi Ekonomi Indonesia yang Memburuk Ini Jadi Pemicunya, Bank Dunia Ungkap Hal Ini

By Afif Khoirul M, Rabu, 20 April 2022 | 12:21 WIB

(ILUSTRASI) Presiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin, di sela-sela KTT APEC, di Beijing, Senin (10/11/2015).

Intisari-online.com - Menurut laporan Reuters, perusahaan energi negara Indonesia PT Pertamina sedang mempertimbangkan untuk membeli minyak mentah dari Rusia.

Karena sedang mencari minyak untuk kilang yang baru direnovasi, kata CEO Nicke Widyawati.

Berbicara pada dengar pendapat parlemen, katanya di tengah ketegangan geopolitik saat ini, Pertamina melihat "kesempatan untuk membeli dari Rusia dengan harga yang baik."

Dia mengacu pada invasi Rusia ke Ukraina.

"Secara politik tidak ada masalah selama perusahaan yang kita tangani tidak terkena sanksi. Kita juga sudah membicarakan pengaturan pembayaran, yang mungkin melalui India," katanya kepada anggota parlemen.

Indonesia memegang kursi kepresidenan G20 tahun ini dan mengatakan akan tetap netral di tengah konflik Rusia-Ukraina.

Pemerintah Indonesia telah menyuarakan keprihatinan tentang invasi tetapi berhenti mengutuknya.

Rusia mengatakan itu adalah "operasi militer khusus".

Nicke mengatakan Pertamina saat ini sedang berkonsultasi dengan Kementerian Luar Negeri dan bank sentral Indonesia mengenai rencana tersebut.

Baca Juga: Diincar Oleh China dan Amerika Serikat, Terungkap Ada Harta Karun Menggiurkan yang Tersimpan di Ukraina Timur, Pantas Rusia Ngotot Menyebut Ukraina Sangat Penting Baginya!

Dan telah mendekati beberapa penjual Rusia untuk membeli minyak mentah untuk pengujian di kilang Pertamina.

Pertamina diharapkan menyelesaikan pembenahan kilang Balongan pada Mei, kata Nicke, yang akan memungkinkan fasilitas untuk memproses semua jenis minyak mentah.