Find Us On Social Media :

Pantas Presiden Ukraina Ketar-Ketir Rusia Akan Segera Gunakan Senjata Nuklirnya, Terungkap Ini Syarat Mutlak Rusia Bisa Gunakan Senjata Nuklirnya, Situasi Ini Jadi Pemicunya

By Afif Khoirul M, Selasa, 19 April 2022 | 10:17 WIB

Ilustrasi - Senjata nuklir

Intisari-online.com - Para ahli kebijakan luar negeri Rusia telah mempertimbangkan kemungkinan Vladimir Putin menggunakan senjata nuklir selama perangnya di Ukraina.

Namun, apa yang diperlukan baginya untuk melakukannya.

Vladimir Putin hanya akan menarik pelatuk perang nuklir jika dia berpikir negaranya berada di bawah "ancaman eksistensial", klaim seorang mantan menteri luar negeri Rusia.

Invasi ke Ukraina terus menumpahkan darah tentara dan warga sipil hampir dua bulan ke dalam perang, tetapi senjata nuklir masih belum tersedia.

Itu tidak berarti mereka tidak akan digunakan meskipun kata mantan menteri luar negeri Rusia Andrei Kozyrev, yang telah merinci apa yang diperlukan Putin untuk mengerahkan persenjataan pemusnah massalnya.

Kozyrev mengatakan kepada Fox News Digital, "Mereka dapat digunakan, tetapi dalam situasi yang sangat, sangat spesifik."

"Jika Rusia atau salah satu negara itu benar-benar mengancam di hati mereka secara eksistensial, yaitu jika pasukan NATO datang ke Moskow, maka mungkin mereka akan menggunakan untuk senjata nuklir," tambahnya.

Namun untuk saat ini, nuklir Putin diyakini tidak berbahaya.

Baca Juga: Tanpa Senjata Nuklir, Rusia Sukses Hancurkan Senjata Andalan yang Dikirim Amerika dan Eropa ke Ukraina, Langsung Bikin Ukraina dalam Bahaya Besar!

Kozyrev menambahkan, "Tetapi tidak ada ancaman eksistensial bagi Rusia dalam situasi saat ini."

Menurut Brent Sadler, seorang rekan senior di Heritage Foundation, "kekalahan militer yang luar biasa" di Donbas sudah cukup bagi Putin untuk meluncurkan serangan nuklir taktis.

"Itu mungkin kasus di mana senjata nuklir taktis dapat dianggap menunjukkan tekad dan pada dasarnya membalikkan tren apa pun yang terjadi di militer Rusia," katanya.