Find Us On Social Media :

Produk-produk Ekspor Ini Dijamin akan Membuat Negara-negara Lain Semakin Bertekuk Lutut di Depan Kim Jong-un

By Intisari Online, Jumat, 4 Mei 2018 | 17:15 WIB

Intisari-Online.com - Selain membuatnya terus hidup, pernahkah kita berpikir, apa kira-kira yang membuat Korea Utara menjadi negara yang arogan dan bisa menaklukkan negara-negara besar.

Apa modal mereka?

Usut punya usut, negara komunis ini ternyata punya kekuatan “rahasia” yang dijamin akan membuat negara-negara lain bertukuk lutut di depannya.

Mereka punya produk unggulan kualitas ekspor yang bisa dijual ke banyak negara.

Seperti disinggung di awal, produk ekspor ini disebut mampu membuat negara lain bertekuk lutut pada mereka.

Baca juga: Orang Indonesia Boleh Piknik ke Korea Utara Lho, Ini Biaya dan Aturannya

  1. Reaktor nuklir

Mungkin ekspor Korea Utara yang paling berani adalah upaya membangun reaktor nuklir yang berfungsi penuh untuk Suriah di Al-Kibar, yang dibom Israel pada 2007.

Korea Utara menciptakan reaktor itu dengan gas-grafitnya sendiri.

Karena reaktor jenis ini tidak terlalu kompleks, Korea Utara dapat memiliki dan mungkin memasok sebagian besar komponen itu sendiri.

Korea Utara rupanya meniru bangunan hampir persis di reaktor Yongbyon, kemudian membangun dinding luar untuk menyembunyikan bentuk fasilitas, mengubahnya menjadi kotak tanpa bentuk.

Jika reaktor tidak dibom, itu bisa menghasilkan cukup plutonium bagi satu atau dua senjata per tahun setelah beroperasi.

Hanya tiga hari sebelum reaktor itu dibom, kapal Korea Utara tertangkap mengirimkan batang-batang bahan bakar nuklir, kemungkinan besar ditujukan untuk reaktor .

  1. Metamfetamin alias sabu-sabu

Siapa sangka, Korea Utara telah terlibat dalam perdagangan obat bius sejak 1970-an.