Find Us On Social Media :

Agar Tak Kelelahan di Tempat Tujuan, Simak 5 Tips Tidur Lelap Selama Penerbangan

By Ade Sulaeman, Minggu, 11 September 2016 | 08:30 WIB

Agar Tak Kelelahan di Tempat Tujuan, Simak 5 Tips Tidur Lelap Selama Penerbangan

Intisari-Online.com - Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk tidur selama penerbangan, bahkan dalam suatu penerbangan yang panjang. Suara bisi, lampu yang terang, hingga bangku yang tegak menjadi beberapa penyebabnya.

Padahal, tidur nyenyak selama penerbangan sangat penting agar Anda tidak merasa kelelahan saat tiba di destinasi tujuan. Untuk itu, berikut ini beberapa tips agar Anda bisa beristirahat secara maksimal, terutama saat penerbangan jarak jauh.

Hindari alkohol dan minuman berkafein

Sebelum dan selama penerbangan, ada baiknya Anda menghindari minuman berkafein seperti teh atau kopi. Kedua minuman ini akan meningkatkan detak jantung, membuat Anda lebih aktif, serta menimbulkan dehidrasi.

Begitu juga dengan minuman beralkohol. Banyak penelitian menyatakan, minuman beralkohol bisa berdampak timbulnya dehidrasi. Anda akan merasakan jet lag yang lebih parah jika mengonsumsi minuman satu ini sebelum atau selama penerbangan.

Bawa sleep kit

Sleep kit alias perlengkapan tidur yang bisa dibawa bepergian sangat penting dalam perjalanan jauh. Sleep kit biasanya terdiri dari bantal leher, penutup mata, penutup kuping, dan kaus kaki. Gunakan semua barang tersebut begitu Anda mau beristirahat.

Pilih bangku

Saat check in, lebih baik pilih window seat alias kursi dekat jendela. Hindari kursi di bagian tengah, di antara dua orang asing, karena Anda tidak akan leluasa bersandar ke jendela. Hindari juga aisle seat alias kursi di bagian lorong karena pramugari pasti mondar-mandir di samping Anda.

Unduh musik yang menenangkan

Boarding gate di bandara pasti punya fasilitas WiFi gratis. Manfaatkanlah dengan mengunduh lagu atau musik yang menenangkan, seperti suara burung atau hujan. Ini berguna agar Anda tidur lebih nyenyak selama penerbangan.

Gunakan pakaian yang nyaman