Find Us On Social Media :

Ciptakan Manusia Pertama dari Tanah, Inilah Kaisar Jade, Penguasa Tertinggi Surga dalam Mitologi China, Marah Ketika Tahu Anaknya Menikah dengan Penggembala Sapi Sederhana, Lalu Apa yang Dilakukannya?

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 16 April 2022 | 11:05 WIB

Kaisar Jade, sang Penguasa Surga.

 

Intisari-Online.comKaisar Jade adalah makhluk yang sangat penting dan kuat dalam mitologi China.

Dia juga dikenal dengan banyak nama berbeda, Kaisar Jade merupakan penguasa Surga dan dewa pelindung resmi keluarga Kekaisaran China.

Namun, cerita tentang Kaisar Jade tidak terbatas pada mitologi China, karena dalam mitologi Korea, Kaisar Jade juga muncul sebagai dewa langit yang perkasa Haneulim.

Sementara dalam kosmologi Budhhis, kaisar Jade dikenal sebagai Penguasa Para Dewa, akra.

Karena Jade melambangkan kesucian, maka Kaisar China yang perkasa ini juga dikenal sebagai ‘Agustus yang Murni’.

Dalam mitologi China, kosmos dibangi menjadi tiga domain, yaitu Surga, Bumi, dan Dunia Bawah, yang masing-masing dihuni oleh berbagai dewa.

Bumi diyakini lahir dari telur, dan Kaisar Jade adalah penguasa wilayah Surgawi, juga Bumi, bahkan Dunia Bawah.

Kaisar Jade (Yuhuang atau Yudi) adalah Kakek Surgawi dan dewa pertama.

Ada banyak penciptaan China Kuno yang menarik.

Menurut salah satu mitos, Kaisar Jade menciptakan manusia pertama dari tanah liat, mereka harus tetap berada di bawah sinar matahari sehingga tubuh mereka akan lebih keras.

Lalu, datanglah hujan dan tubuh mereka berubah bentuk, inilah yang menjelaskan mengapa manusia bisa sakit dan mengalami kelainan fisik.

Legenda lainnya menceritakan tentang putri Kaisar Jade, Zhinu, gadis penenun yang bertanggung jawab untuk menghasilkan awan berwarna-warni di surga.