Find Us On Social Media :

Ternyata Selama 1.000 Tahun Lebih, Hiduplah Orang-orang Yahudi Asli China yang Dijuluki 'Orang Muslim Bertopi Biru,' Dari Mana Datangnya?

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 15 April 2022 | 12:28 WIB

Orang Yahudi Asli China

Intisari-Online.com - Mungkin Anda berpikir sebaran orang-orang Yahudi di dunia yang ada di manamana.

Namun, mungkin Anda tidak menduga bahwa ada orang-orang Yahudi yang telah tinggal di Kaifeng, provinsi Henan, China tengah, selama lebih dari 1.000 tahun lamanya.

Fakta ini menjadikan Yahudi Kaifeng sebagai komunitas Yahudi tertua di Tiongkok.

Kebanyakan sarjana percaya bahwa orang-orang Yahudi pertama kali tiba selama Dinasti Song (960-1127 M), dari India atau Persia (sekarang Iran), berhenti di Jalur Sutra.

Meski begitu melansir Myjewishlearning.com, tidak diketahui waktu pasti kapan orang Yahudi tiba di Kaifeng.

Selama periode ini, orang-orang China menyebut orang Yahudi "Tiaojiaojin" (agama yang menghilangkan tendon) karena hukum diet Yahudi (kashrut) melarang konsumsi saraf siatik.

Beberapa saat kemudian, selama Dinasti Ming, kaisar menugaskan orang Yahudi untuk punya marga sendiri karena nama Ibrani membingungkan.

Sampai hari ini orang Yahudi Kaifeng dapat dikenali dengan nama belakang mereka: Ai, Shi, Gao, Gan, Jin, Li, Zhang atau Zhao.

Pada puncaknya, komunitas Yahudi Kaifeng memiliki sekitar 5.000 anggota.

Sementara beberapa orang Yahudi Kaifeng diam-diam telah memulihkan identitas Yahudi mereka yang hilang, tidak ada yang dekat dengan komunitas Yahudi yang formal dan terorganisir di kota saat ini.

Sinagoge Kaifeng

Sinagoge pertama Kaifeng dibangun pada tahun 1163 dan dihancurkan oleh banjir pada tahun 1461.