Find Us On Social Media :

Bak Siap Binasakan Seantero Kota Hanya dengan Sekali 'Siram', Alat yang Terpasang pada Pesawat Nirawak Ini Ungkap Rencana Busuk AS di Lab Biologi Ukraina, Langgar Konvensi?

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 15 April 2022 | 09:42 WIB

(Ilustrasi) Rencana Busuk AS di Lab Biologi Ukraina

Intisari-Online.com - Bulan lalu, Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan bahwa sekitar 30 laboratorium biologi yang didanai oleh Pentagon ditemukan di Ukraina.

Melansir Sputnik.news.com, Kamis (14/4/2022), Kementerian Pertahanan Rusia (MoD) telah menyatakan bahwa mereka memiliki bukti bahwa kegiatan AS di Ukraina bertentangan dengan Konvensi Senjata Biologis (BWC).

Igor Kirillov, kepala pasukan perlindungan radiasi, kimia, dan biologi Kementerian Pertahanan Rusia, juga mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa "kurator laboratorium biologi Amerika di Ukraina paling tertarik pada proyek penggunaan ganda."

"Banyak di antaranya ditujukan untuk mempelajari agen potensial. Senjata biologis, seperti wabah dan tularemia, serta patogen infeksi".

Kirillov menambahkan bahwa proyek-proyek seperti P-364, 444, dan 781, yang bertujuan "mempelajari penyebaran patogen infeksi berbahaya melalui vektor serangga, burung liar, dan kelelawar, didanai untuk kepentingan Departemen Pertahanan AS".

Dia juga mengatakan bahwa intelijen Rusia menemukan tiga kendaraan udara tak berawak (UAV) Ukraina yang dilengkapi dengan penyemprot kimia.

“Kami prihatin dengan fakta bahwa pada 9 Maret, di wilayah Kherson, unit pengintai Rusia menemukan tiga UAV yang dilengkapi dengan wadah 30 liter dan peralatan untuk menyemprotkan bahan kimia."

Secara terpisah, kepala pasukan perlindungan radiasi, kimia, dan biologi Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan nama-nama karyawan Amerika dan Eropa dari Pusat Sains dan Teknologi Ukraina (STCU), yang terlibat dalam penelitian untuk kepentingan program biologi militer AS.

“Saya akan memberikan nama-nama pejabat yang terlibat dalam pelaksanaan program biologi militer."

Kirillov mencatat bahwa dokumen yang diperoleh Kementerian Pertahanan Rusia mengkonfirmasi hubungan antara STCU dan departemen militer AS melalui kontraktor utama Pentagon, perusahaan teknik Black & Veatch.

Kementerian Pertahanan memiliki korespondensi dari wakil presiden perusahaan ini, Matthew Webber, di mana dia menyatakan kesiapannya untuk bekerja dengan STCU dalam penelitian biologi militer yang sedang berlangsung di Ukraina.

"Dari 2014 hingga 2022, Pusat Sains dan Teknologi Ukraina mengimplementasikan lebih dari 500 proyek penelitian di republik pasca-Soviet", seperti Ukraina, Georgia, Moldova, dan Azerbaijan, kata pejabat Kementerian Pertahanan.