Find Us On Social Media :

Kisah Menyedihkan Kaisar Pertama China, Mati-matian Ingin Hidup Abadi Tapi Tewas Mengenaskan Karena Kehidupan 'Abadinya'

By May N, Selasa, 3 Mei 2022 | 13:00 WIB

Kaisar China Chin Shi Huang Di

Intisari - Online.com - Kaisar pertama ChinaChin Shi Huang Di, adalah salah satu penguasa paling luar biasa dalam sejarah.

Di satu sisi, ia memiliki bakat luar biasa yang membuatnya bisa membangun China dari nol dengan menaklukan tetangga-tetangganyamenyatukan tanah-tanah mereka di bawah kekuasaannya, dan mendirikan dinasti imperial China pertama.

Di sisi lain, ia adalah orang bodoh, yang mencari ramuan sihir untuk hidup abadi, dan kemudian dibodohi bawahannya yang berjanji mencarikan ramuan tersebut.

Berikut adalah hal-hal mengejutkan mengenai kaisar yang menyatukan China, berubah menjadi megalomaniak, dan menghabiskan waktu kekuasaannya mencari cairan keabadian.

Chin Shi Huang menyatukan China, kemudian mencoba hidup abadi

Chin Shi Huang (259-210 SM), yang namanya berarti "Kaisar Pertama Chin", memulai karir sebagai raja kerajaan Chin di China, salah satu kerajaan yang berkompetisi selama Periode Negara-negara Berperang Tiongkok (475-221 SM).

Dia naik takhta sebagai seorang anak, dan di masa remajanya, dia merebut kekuasaan dari para bupati dan abdi dalem yang telah memerintah selama minoritasnya.

Raja muda kemudian mengkonsolidasikan kekuasaannya dengan membantai komplotan istana yang berusaha merebut hak prerogatifnya.

Dia kemudian melanjutkan perang, mendorong kembali barbar utara, mengalahkan dan menaklukkan semua negara Cina yang bersaing pada 221 SM, dan mengkonsolidasikan mereka di bawah pemerintahannya.

Kemudian, setelah mencapai semua itu, dia menyatakan dirinya sebagai Kaisar Pertama dari Tiongkok yang bersatu.

Dia merupakan penguasa hebat, menyatukan kekaisarannya dengan menstandarisasi mata uang, bobot, dan ukuran baru, serta menerapkan sistem pemerintahan bernama Legalisme, berdasarkan hukum yang ketat dan hukuman berat.

Ia juga mengakhiri feodalisme, yang telah memimpin negara itu ke perang yang membuat lahirnya Periode Negara-negara Berperang Tiongkok.