Find Us On Social Media :

Kerajaan Sriwijaya Mencapai Puncak Kejayaan pada Masa Pemerintahan Raja Ini, Sriwijaya Sampai Disebut Negara Nasional Pertama di Nusantara

By Khaerunisa, Minggu, 10 April 2022 | 09:20 WIB

Ilustrasi Raja Balaputradewa.

Intisari-Online.com - Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa.

Kerajaan maritim dengan corak Buddha ini didirikan pada abad ke-7 oleh Dapunta Hyang Sri Jayanasa di daerah Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam prasasti Kedukan Bukit tercatat bahwa tahun 682 masehi menjadi tahun di mana kerajaan ini resmi didirikan.

Sebagai negara maritim, berdirinya Kerajaan Sriwijaya kemudian memberikan pengaruh besar di nusantara.

Kerajaan Sriwijaya tumbuh di tengah ramainya jalur perdagangan melintasi Selat Malaka dengan banyaknya pedagang yang singgah di kota-kota pelabuhan untuk membeli rempah-rempah.

Sementara puncak kejayaan yang dibawa oleh Raja Balaputradewa terjadi 2 abad setelah didirikannya kerajaan ini, tepatnya pada abad ke-9.

Kejayaan kerajaan Sriwijaya di bawah pemerintahan Raja Balaputradewa dapat dilihat dari keberhasilannya di beberapa bidang, seperti bidang maritim, politik, dan ekonomi.

Pengaruh Kerajaan Sriwijaya meluas dari menguasai perdagangan di jalur utama Selat Malaka hingga ke Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, Sumatera, dan sebagian Pulau Jawa.

Baca Juga: Menjadi Inspirasi Sosok Dracula, Inilah Vlad The Tempaler, Raja Bengis yang Punya Hobi Menusuk Musuhnya Sebagai Ekekusi Mati, Dikatakan Ada 80.000 Orang Jadi Korbannya

Baca Juga: Jadwal Puasa 2022 Bandung hari Ini 10 April 2022, Simak Berikut Ini

Bahkan Sriwijaya disebut sebagai negara nasional pertama di nusantara sebab wilayahnya begitu luas, hingga meliputi hampir seluruh Indonesia.

Sementara dari segi penyebaran agama, di masa pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya juga menjadi pusat agama Buddha Mahayana di Asia Tenggara.