Find Us On Social Media :

Ini Dia, Salah Kaprah yang Kerap Kita Lakukan Saat Mengendarai Mobil

By Ilham Pradipta M., Rabu, 31 Agustus 2016 | 08:30 WIB

Ini Dia, Salah Kaprah yang Kerap Kita Lakukan Saat Mengendarai Mobil

Intisari –Online.com - Lantaran sudah dianggap lumrah, banyak orang sering mempraktikkan beberapa kebiasaan yang salah terhadap kendaraannya. Mungkin awalnya hanya ikut-ikutan orang lain, tapi lama-lama jadi kebiasaan. Padahal, kebiasaan ini bisa saja berdampak bagi keselamatan.

Saat berkendara, tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan duduk terlalu dekat atau jauh dengan setir. Umumnya, hal ini sering ditemukan saat wanita saat mengemudi. Para wanita ini sengaja menyetel tempat duduk mereka dekat dengan setir, hingga pergerakan tangan jadi kurang leluasa. Nah, Nah, bila kita berhadapan dengan situasi darurat atau yang membutuhkan reaksi cepat, tentunya hal ini bisa jadi riskan.

 Posisi duduk saat mengemudi yang nyaman memang belum sepenuhnya aman. Untuk mendapatkan posisi berkendara yang benar, caranya mudah saja. Kita hanya perlu duduk terlebih dahulu. Lalu, tekanlah pedal rem dalam-dalam. Bila kaki terlalu lurus maka dekatkanlah kursi. Kemudian buat lutut kita sedikit menekuk saat menginjak penuh pedal rem.

 Selain itu, jangan lupa untuk memegang setir dengan benar. Bukannya satu tangan atau memegang bagian bawah atau atas. Posisi terbaik adalah genggaman tangan ada pada arah “pukul 9 dan 3”. Posisi itu akan membentuk sudut yang cukup landai pada siku tangan.

Malah bikin silau

Kebiasaan lain yang juga sering dipraktikkan sebagian orang di jalan adalah menyalakan lampu hazard tidak pada tempatnya. Biasanya pemandangan ini terlihat saat di jalan tol atau pada saat hujan. Kalau ditanya, para pengendara ini mengatakan, tujannya agar mobilnya lebih terlihat oleh pengemudi lainnya.  

Jika mau dikaji lebih dalam, kebiasaan ini justru dapat membahayakan pengumudi lainnya. Sebab, lampu hazard ini akan menyilaukan pandangan mereka.Terlebih lagi, kebiasaan ini hanya akan membingungkan pengemudi di belakang kita. Sebab, lampu sein tak lagi berfungsi untuk memberi tanda saat akan pindah jalur.  

Temukan selengkapnya artikel mengenai "5 Kesalahan Saat Berkendara" di Majalah Intisari Edisi September 2016