Find Us On Social Media :

11 Hal Mengejutkan yang Bisa Mempengaruhi Mimpi Kita (1)

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 15 September 2016 | 06:00 WIB

11 Hal Mengejutkan yang Bisa Mempengaruhi Mimpi Kita (1)

Intisari-Online.com – Mimpi yang indah dapat memberikan kita rasa senang hingga ketenangan, beda cerita dengan mimpi buruk yang dapat berdampak buruk. Dari sulit tidur, mudah marah, hingga memiliki produktivitas rendah.

Mimpi memberikan visualisasi, ide, hingga perasaan saat kita tertidur. Imajinasi terasa hidup saat memejamkan mata dan beristirahat untuk memulihkan rasa letih kita. Ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi mimpi kita, seperti yang dilansir dari womansday.com dan sumber lainnya, berikut adalah 11 hal mengejutkannya.

1. Bau-bauan

Bau wangi dari sebuah bunga bisa mengantarkan kita ke mimpi yang indah, sedangkan bau tidak sedap seperti sulfur dikaitkan dengan mimpi buruk. Bahkan bau lainnya, contohnya daging bisa terbawa ke mimpi kita dalam berbagai bentuk, menjadi stimulan.

2. Suara

Telinga bagaikan jendela kecil saat kita tidur. Suara dapat berpengaruh apabila ada yang masuk tetapi tidak terlalu keras sehingga tidak membangunkan kita. Contohnya adalah suara alarm yang bisa mengantar kita ke mimpi buru.

Jadikan mimpi lebih indah dengan memainkan rekaman seperti suara laut beserta ombaknya. Kemungkinan besar kita bisa bermimpi di pantai.

3. Makanan yang sulit dicerna

Apapun yang sulit dicerna seperti sambal, keju, hingga makanan besar dapat mempengaruhi dan memberikan mimpi buruk kepada kita apabila langsung tidur. Jadi kita harus memberikan setidaknya dua jam mencerna makanan sebelum tidur.

4. Lapar sebelum tidur

Apabila tidur saat perut kosong atau kelaparan, muncul kemungkinan hal itu berpengaruh ke mimpi kita. Gula darah yang rendah dapat menganggu dan menghasilkan mimpi tentang makanan. Bahkan pasien anoreksia hampir selalu bermimpi tentang makanan.

Cemilan sehat dengan pisang dan susu skim dapat mengenyangkan dan sehat. Konsumsi makanan itu karena mengandung asam amino yang membuat kita lebih ngantuk sehingga mengantarkan ke tidur yang lebih lelap.