Find Us On Social Media :

8 Tanda Bos Anda Psikopat (1): Pembohong

By Esra Dopita M Sidauruk, Minggu, 28 Agustus 2016 | 12:30 WIB

8 Tanda Bos Anda Psikopat (1): Pembohong

Intisari-Online.com - Secara tidak langsung, sikap atasan sangat mempengaruhi bagaimana karyawan bekerja. Jangan harap hasil yang maksimal dan memuaskan dari karyawan, jika Anda sebagai atasan berlaku tidak baik, tidak peduli, maupun kurang menghargai karyawan. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, atasan yang tidak peduli pada karyawan cenderung psikopat.

Dr Kellie Vincent, MBA Director, Westminster Business School, mengatakan, sebetulnya, hanya ada 1% dari populasi di dunia yang menderita psikopat. Namun, dalam buku Snakes in Suit karya Robert Hare dan Paul Babiak, menyebut, ada 7% psikopat dengan mengenakan kemeja dan jas.

Oleh karena itu, Vincent memperingatkan agar para karyawan waspada dengan atasan mereka yang mungkin memiliki tanda-tanda psikopat. Berikut ini delapan tanda atasan Anda psikopat:

1. Kharismatik: Psikopat memiliki pembawaan yang baik dan manis. Tak heran, hal itu membuat mereka terlihat kharismatik. Selain itu, mereka juga terlihat ramah dan kooperatif, sehingga sangat mudah mengambil hati banyak orang dan membuat banyak orang simpati.

2. Pembohong: Ciri kedua adalah mereka seorang pembohong ulung. Mereka pandai menyembunyikan kebohongan dan begitu cerdas menutupi kesalahan pada diri mereka. Bahkan, mereka rela untuk melakukan segalanya agar tidak terlihat buruk oleh orang lain.

3. Manipulasi: Mereka biasanya sangat pandai menipu orang dan memiliki banyak jaringan. Mereka juga pandai merayu orang lain untuk masuk ke dalam jaringan mereka untuk melakukan pekerjaan kotor. Bahkan, mereka juga tak segan untuk menjadikan orang lain atau karyawannya sebagai kambing hitam atas kesalahan yang dibuatnya.

4. Congkak: Tanda utama seorang psikopat adalah hobi memamerkan keberhasilan atau pencapaian mereka. Selain itu, mereka selalu ingin semua orang tahu kesuksesan yang dicapainya.

(Dailymail.co.uk)