Find Us On Social Media :

Kejamnya Setengah Mati, Sampai Nekat Menyamar Lalu Penggal Rakyat Jelata yang Membicarakannya Buruk, Inilah Murad IV Sultan Ottoman yang Naik Takhta pada Usia 11 Tahun

By Afif Khoirul M, Rabu, 23 Maret 2022 | 17:56 WIB

Sultan Murad IV Ottoman

Intisari-online.com - Murad IV baru berusia 11 tahun ketika ia menjadi Sultan Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1623.

Namun meskipun usianya masih muda, ia sangat kejam. Di bawah kekuasannya, stabilitas internal dipulihkan di seluruh kekaisaran.

Terlebih lagi, penguasa muda itu juga memimpin kerajaannya berperang dan dampaknya terasa di seluruh Kaukasus selama berabad-abad.

Memang, perbatasan modern antara Turki, Iran dan Irak sebagian besar dibuat selama pemerintahan Murad, ini menjadikannya salah satu remaja terpenting dalam sejarah dunia.

Pada awal abad ke-17, Kekaisaran Ottoman dilanda intrik dan persaingan.

Itu adalah konspirasi istana yang menggulingkan Mustafa I kemudin menjadikan Murad sebagai penggantinnya.

Pada awalnya, karena dia baru berusia 11 tahun, pemerintahannya dipegang sementara oleh ibunya, sampai Murad berusia 20 tahun.

Namun, sejak usia 16 tahun, Murad mulai menegaskan otoritasnya.

Baca Juga: Pemabuk dan Pemipin Ganas Berdarah Dingin, Inilah Sosok Murad IV sang Sultan Ottoman yang Pertama Mengeksekusi Syekh al-Islam dan Tak Mengikuti Syariah

Baca Juga: Kisah ‘Raja Gila’ Nan Eksentrik dari Inggris, John Mytton, Punya Kebiasaan Tunggangi Beruang di Ruang Tamunya, Selalu Bosan dengan Kehidupan yang Dijalaninya, Bagaimana Akhir Hidupnya?

Dia memiliki saudara iparnya sendiri dieksekusi atas tuduhan palsu. Dia juga menjadi semakin otoriter.

Di bawah pemerintahannya, alkohol, tembakau, dan bahkan kopi dilarang di Istanbul: ketahuan menikmati salah satu 'kejahatan' ini adalah pelanggaran berat.