Find Us On Social Media :

Ini Dia, Tips-tips Bekerja Sambil Berkuliah

By Mentari Desiani Pramudita, Kamis, 22 September 2016 | 06:00 WIB

Ini Dia, Tips-tips Bekerja Sambil Berkuliah

Intisari-Online.com - Menjadi seorang mahasiswa, artinya kita jauh lebih di atas pelajar pada umumnya. Meminta uang jajan kepada orangtua rasanya sudah tidak pantas lagi. Mencari pekerjaan sampingan mungkin bisa menjadi pilihan.

Tapi melihat kehidupan mahasiswa yang penuh tugas dan dunia pekerjaan yang menuntut kesempurnaan, bagaimana cara terbaik ketika seorang mahasiswa memutuskan untuk bekerja? Menurut rasmussen.edu, ini dia tips-tips terbaik buat kita jika ingin bekerja sambil berkuliah.

Cari Pekerjaan yang Fleksibel

Carilah pekerjaan dan perusahaan yang memahami posisi kita sebagai mahasiswa. Yang membuat kita tetap berkarir namun tidak merusak prinsip mahasiswa. Biasanya cari pekerjaan dengan status freelance atau part time. Pekerjaan yang dipilih biasanya berkaitan dengan hobby dari mahasiswa sendiri. Misal, jika ia pandai memotret bisa menjadi fotografer, atau yang suka mendesain bisa menjadi design grafis. Cari pekerjaan yang mudah kita lakukan karena kita sukai.

Atur Manajemen Waktu

Tidak dipungkiri mahasiswa harus pandai mengatur waktu. Atur jadwal kuliah sebaik mungkin. Berikan waktu kosong pada weekend untuk jadwal bekerja. Jika ada ujian dikampus, ambil waktu setengah hari atau cuti dari pekerjaan. Jangan biarkan bekerja membuat nilai menjadi jatuh. Cari pekerjaan yang lokasinya tidak jauh dari kampus atau setidaknya punya akses mudah. Gunakan waktu dengan baik dan bijak agar keduanya menjadi mudah dilakukan.

Tetap Fokus

Motivasi diri sendiri agar jangan lengah. Fokuskan dengan baik apa tujuan kita untuk bekerja. Karena banyak orang yang menyerah sebelum menyelesaikannya, baik kuliah ataupun bekerja. Padahal jika bisa menyelesaikan keduanya akan menjadi dasar yang baik untuk melihat ke depan.

Terus Belajar

Tidak ada kata berhenti untuk belajar. Ketika sudah lulus kuliah pun kita harus tetap belajar. Belajar bisa dilakukan di mana pun. Ketika sedang menunggu bus atau ketika waktu istirahat di kantor. Jangan jadikan sudah mendapat pekerjaan membuat kita lengah dalam belajar. Ketika ini bisa dilakukan, maka kita selangkah lebih maju daripada orang lain.