Find Us On Social Media :

Ajari Anak Menabung Sejak Usia Dini

By Alan Kusuma, Minggu, 29 Mei 2016 | 09:00 WIB

Ajari Anak Menabung Sejak Usia Dini

Intisari-Online.com - Sebesar apa pun tabungan untuk anak di masa depan nanti, sifat hematnya tidak akan tumbuh secara langsung, perlu adanya proses di dalamnya. Meski pada akhirnya anak kita jugalah yang nantinya harus mengelola uang, kita harus tetap membiasakan anak menabung sekak usia dini.

Penting bagi orangtua muda untuk mengajarkan anaknya untuk berhemat dan menabung sejak kecil. Tujuannya, agara mereka terbiasa tidak boros dan bijaksana dalam menggunakan uang. Berikut ini tiga cara sederhana untuk mengajarkan anak menabung. 

Beri mereka uang saku per bulan Banyak orangtua yang memberi uang saku anaknya per hari. Mungkin, uang yang diberikan jumlahnya terlihat lebih sedikit. Tetapi, memberikan uang setiap hari atau sesuai kebutuhannya tidak akan mendidik anak untuk mengelola uang yang dia miliki. Untuk itu, berikan uang saku setiap bulan atau minggu agar anak belajar untuk mengatur uang dan berhemat. 

Berikan mereka tempat menyimpan uang Uang sisa yang telah disisihkan anak mungkin jumlahnya belum banyak dan tidak bisa langsung di tabungkan di bank. Untuk itu, sediakanlah sebuah tempat terpisah dari dompetnya untuk menyimpan uang yang sudah dia sisihkan. Ajarkan juga untuk selalu menyisihkan uang dan menaruhnya di tempat tersebut. 

Memerikan contoh yang baik Seberapa keras kita mengajarinya untuk menabung, seberapa seringpun kita mengingatkan mereka untuk berhemat, anak akan cenderung mengikuti apa yang orangtua lakukan. Jadi, tanpa adanya contoh yang baik, anak akan sulit untuk belajar menabung dan berhemat. Karena itu, berikan contoh yang baik dengan rajin menabung dan juga berhemat. 

Terapkan cara ini untuk mengajarkan anak kita menabung, karena menabung di usia dini akan mendatangkan hasil yang baik kedepannya. Selamat mencoba!