Find Us On Social Media :

Tak Tinggal Diam Drone Ukraina Buatan Turki Hancurkan Peralatan Militernya, Rusia Gunakan Drone Forpost-R Buatan Israel untuk Luncurkan Serangan Udara

By Tatik Ariyani, Kamis, 17 Maret 2022 | 09:53 WIB

Drone Forpost

Intisari-Online.com - Drone Bayraktar TB-2 buatan Turki yang digunakan pasukan Ukraina untuk melawan Rusia disebut menimbulkan kerusakan signifikan di pihak Rusia.

Tak tinggal diam, Rusia pun kini mulai menggunakan UAV taktis Forpost-R untuk meluncurkan serangan udara di Ukraina, menurut laporan situs Janes.

Drone Forpost-R berasal dari UAV Searcher II Israel dan dibuat di Rusia.

Forpost-R dapat digunakan baik untuk misi serangan maupun pengintaian.

Pada 13 Maret, Kementerian Pertahanan Rusia (MoD) merilis sebuah video yang menunjukkan drone Forpost-R bersenjata lepas landas dari landasan pacu yang dirahasiakan, setelah itu terlihat menghancurkan sistem roket peluncuran ganda (MLRS) Ukraina, melansir The EurAsian Times, Rabu (16/3/2022).

Sejumlah video beredar di media sosial, menunjukkan drone itu mendatangkan malapetaka pada pasukan militer Ukraina dan peralatan mereka.

Itu terjadi pada 11 Maret ketika penyebaran pesawat tak berawak ini dalam perang yang sedang berlangsung di Ukraina pertama kali diketahui.

Foto-foto reruntuhan pesawat tak berawak Rusia yang jatuh muncul di media sosial.

Baca Juga: Tak Gentar Disanksi Barat, Putin Sebut Dominansi Politik dan Ekonomi Barat yang Mengglobal Sudah Tak Relevan Lagi, 'Golden Billion Sedang Runtuh'

Baca Juga: 'Tunduk' Berarti Kalah Atau Jadi Pecundang, Pembelot Rusia Ini Ungkap Bagaimana Rezim Putin Sudah Kalah Perang Bahkan Jika Rusia Berhasil Merebut Kyiv

Sebuah plakat bertuliskan logo Israel Aerospace Industries (IAI) terlihat di reruntuhan.

Forpost adalah UAV pengintai yang dibangun oleh Ural Civil Aviation Plant (UZGA) yang berbasis di Yekaterinburg di bawah produksi lisensi berdasarkan drone Searcher Mk II UAV Israel. Rusia telah memperoleh lisensi pada tahun 2015.