Find Us On Social Media :

Ini Dia, Makanan dan Minuman yang Dapat Mengobati Sembelit

By Ilham Pradipta M., Kamis, 23 Juni 2016 | 14:20 WIB

Ini Dia, Makanan dan Minuman yang Dapat Mengobati Sembelit

Intisari-Online.com – Salah satu masalah sistem pencernaan yang sering dialami banyak orang adalah sembelit. Sembelit menyebabkan seseorang susah, bahkan tersiksa untuk buat air besar. Untuk mengatasinya, sebenarnya sembelit bisa diobati dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Berikut selengkapnya.

1. Biji-bijian dan gandumKedua makanan ini kaya akan serat. Serat inilah yang menjadi ‘teman’ sistem pencernaan kita. Menurut Nitin Kumar, M.D., weight-management physician, biji-bijian dan gandum dapat memenuhi kebutuhan serat larut dan tak larut untuk mengatasi sembelit.

2. AirWalaupun asupan serat telah cukup, tapi kurang cairan akan membuat masalah menjadi lebih buruk. Serat tidak akan bekerja seefektif mungkin bila tubuh kekurangan air. Tanpa air yang cukup, usus besar akan menyerap air dari tinja kita untuk menjalankan fungsinya. Alhasil, buang air besar aka terasa semakin sulit. Menurut kumar, dehidrasi bisa menyebabkan sembelit dan membuat siklus buang bair besar yang buruk.

3. Buah dan sayuran segar atau bekuBuah-buahan dan suyuran segar dapat menawarkan banyak serat. Itulah sebabnya smoothies lebih sehat dari pada jus. Menurut  Lauren Harris-Pincus, M.S., R.D.N., ahli nutrisi dan pemilik Nutrition Starring You, konsumsi buah dan sayuran segar secara teratur, dapat membantu kita untuk terhindar dan mengobati sembelit.

4. Buah plumTerdapat satu alasan yang membuat plum perlu kita konsumsi ketika sembelit. Buah kering ini mengandung gula sorbitol. Meskipun para ahli merekomendasikan buah segar, tapi plum benar-benar bagus untuk mengatasi sembelit. Sorbitol yang terkandung di dalam plum memiliki efek pencahar pada sistem pencernaan kita. Namun, plum juga bisa membuat perut kembung dan membuatnya jadi tidak nyaman.

5. KopiTernyata minuman yang banyak digemari orang ini memiliki khasiat yang baik untuk mengobati sembelit. Kafein yang terkandung di dalam kopi membuat usus besar untuk bergerak. Ia juga mempengaruhi kantung empedu yang membantu sistem pencernaan jadi lebih baik. Nah, jadi kehangatan secangkir kopi dapat kita jadikan pencahar tambahan untuk memenuhi kebutuhan sistem pencernaan. Alhasil, ‘perjalanan’ di kamar mandi pun akan berjalan dengan lancar.

(Self.com/Zahra Barnes)