Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Asupan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

By Ilham Pradipta M., Sabtu, 9 Juli 2016 | 06:00 WIB

Ini Dia, Lima Asupan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Intisari-Online.com – Kita semua tentu ingin memiliki daya tahan tubuh yang baik. Dengan daya tahan tubuh yang prima, tentu tubuh akan kebal terhadap berbagai penyakit. Masalahnya, asupan apa yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita? Nah, inilah asupan-asupan tersebut:

1.Probiotik. Menurut Dr. Eric Gershwin, kepaa bidang alergi dan imunologi klinis di University of California, memang masih terlalu awal untuk mengatakan kalau probiotik dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun, probiotik ini sendiri bagus untuk tubuh kita. Dalam studi yang diterbitkan oleh British Journal of Sports Medicine, atlet yang mengonsumsi suplemen probiotik, risiko untuk terserang infeksi pernapasan akut jadi lebih rendah.

2. Vitamin D. Sebanyak 2.000 IU vitamin D dibutuhkan tubuh setiap harinya. Studi yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrilion mengatakan, risiko untuk terserang flu akan menurun 40%, bila anak-anak mengonsumsi suplemen vitamin D.

Selain itu, penelitian di Finlandia menunjukkan, orang yang memiliki kadar vitamin D rendah rentan terkena infeksi saluran pernapasan, dibandingkan mereka yang cukup kadar vitamin D-nya.

3. Bawang. Jangan salah sangka,  si kecil ini memiliki manfaat yang besar untuk tubuh kita. Dalam American Journal of Clinical Nutrilion disebutkan, terdapat hubungan antara konsumsi bawang dengan rendahnya risiko kanker.

4. Antioksidan. Antioksidan adalah vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang membantu sel-sel rusak untuk memperbaki dirinya. Selain itu, antioksidan juga dapat membantu tubuh kita untuk melawan radikal bebas.

Contoh dari antioksidan seperti beta karoten (aprikot, brokoli, bayam, tomat) vitamin C (jeruk, berry, kembang kol,) dan E (wortel, pepaya, kacang-kacangan), seng (kerang, daging merah, kacang), dan selenium.

5. Jamur. Menurut Douglas Schar, Direktur Institute of Herbal Medicine di Washington, jamur dapat meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Bila ingin mengonsumsinya, pilihlah jamur shiitake, maitake, dan reishi. Setidaknya, seperempat ons perhari dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

(Intisari/M. Takdir)