Find Us On Social Media :

Dukung Brand Lokal, Tokopedia dan KBRI Resmi Bawa Brand Indonesia Jewel Rocks ke Paris Fashion Week

By Tatik Ariyani, Sabtu, 12 Maret 2022 | 16:25 WIB

Tokopedia dan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Prancis dukung Jewel Rocks dalam ajang Paris Fashion Week.

Intisari-Online.comTokopedia bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Prancis mendukung brand lokal, Jewel Rocks, ke kancah global dalam perhelatan Paris Fashion Week.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan, dukungan tersebut merupakan bentuk komitmen Tokopedia dalam memberikan panggung seluas-luasnya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia.

“(Dengan demikian), mereka bisa terus berkembang di masa pandemi Covid-19, bahkan sampai ke kancah global,” tutur Astri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (10/3/2022).

Hal senada juga disampaikan Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis, Mohamad Oemar. Ia mengatakan, Prancis merupakan salah satu kiblat mode dunia. Oleh karena itu, desainer atau pekerja kreatif Indonesia perlu memanfaatkan hal tersebut untuk merambah pasar internasional. Salah satunya dengan mengikuti Paris Fashion Week.

“Dukungan bagi UMKM Indonesia tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia,” jelas Oemar.

Untuk diketahui, Jewel Rocks merupakan jenama asal Bali yang memiliki produk perhiasan buatan tangan berbahan material unik.

Karena ciri khas tersebut, brand lokal ini pun terpilih menjadi salah satu peserta yang akan memamerkan koleksi autumn/winter 2022 di Paris Fashion Week Showroom dalam program Indonesian Designers in Paris by L’Adresse Paris Agency. Pameran ini berlangsung di Palais Brongniart, Paris, Jumat (4/3/2022) sampai Senin (7/3/2022).

Jewel Rocks sendiri mulai berdiri pada 2006. Sang pemilik, Imelda Widjaja, bercerita bahwa awal mula ia mendirikan usaha tersebut terinspirasi dari hobi mengumpulkan perhiasan sebagai cendera mata setiap bepergian.

“Saya pun akhirnya mendapatkan ide untuk membuat perhiasan modern yang bisa menjadi memori atau oleh-oleh tanpa meninggalkan tradisi, mulai dari teknik maupun tema,” ceritanya.

Dalam menjalankan usaha, Imelda menggandeng sejumlah pihak, mulai dari perajin perak, resin, manik kaca, hingga pembuat warna natural yang tersebar di Bali, Jawa Timur, dan Bandung, Jawa Barat.

Siapa sangka, berkat ketekunan Imelda, bisnis yang dimulai dengan modal Rp 500.000 kini berkembang dan memiliki sepuluh karyawan. Sebagian karyawan Jewel Rocks adalah ibu rumah tangga.

Imelda mengatakan, pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangatnya dalam berbisnis. Meski di masa sulit, bisnisnya terbantu dan tetap tumbuh berkat platform digital.