Find Us On Social Media :

Jor-joran Dikirimi Senjata dari Banyak Negara, Ukraina yang Punya Catatan Buruk dalam Hal Ini Dikhawatirkan akan Menambah Kondisi Jadi Makin Runyam

By Tatik Ariyani, Sabtu, 12 Maret 2022 | 14:12 WIB

Ilustrasi peralatan militer yang dikirimkan ke Ukraina. Senjata api ditampilkan di Black Sea Defense and Aerospace 2010

Intisari-Online.com - Sejak hubungan Rusia-Ukraina memanas hingga terjadinya perang, banyak dukungan global tertuju pada Ukraina.

Dukungan ini termasuk banyak negara mengirimkan perangkat keras militer untuk perjuangan Ukraina melawan Rusia.

Lebih dari 20 negara telah menjanjikan atau mengirimkan miliaran dolar perangkat keras militer.

Namun, seiring pengiriman senjata militer yang terus mengalir ke Ukraina, para pengamat juga mengkhawatirkan risiko dari pengiriman senjata tersebut.

Ukraina memiliki catatan buruk sebagai “salah satu pasar perdagangan senjata terbesar di Eropa”.

Foto atau narasi di media sosial tentang bagaimana warga sipil Ukraina berbaris untuk mengambil senapan otomatis tidak diragukan lagi menunjukkan tekad dan solidaritas mereka untuk memperjuangkan kedaulatan negara mereka.

Tetapi narasi-narasi ini mengabaikan bahaya atau risiko penyimpangan ilegal yang datang dengan mengeluarkan senjata dengan sedikit atau tanpa pengawasan.

Hal itu tampaknya tidak disadari oleh pemerintah Ukraina, terlepas dari kenyataan bahwa penyimpangan senjata tingkat militer seperti granat tangan, roket, dan ranjau darat telah menjadi bisnis yang menguntungkan di Ukraina dalam beberapa tahun terakhir, memberikan negara itu nama yang sangat buruk dalam prosesnya.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Organisasi Kesehatan Dunia WHO Tiba-Tiba Panik, Saambil Tunjuk Perang Rusia-Ukraina, Ternyata Hal Mengerikan Ini Tersimpan di Laboratoium Ukraina

Baca Juga: Bongkar Penemuan Mengejutkan Dunia, Ada Laboratorium Senjata Biologi yang Didanai Amerika di Ukraina, AS Akhirnya Buka Suara Bongkar Kenyataan Ini Pada Dunia?

Prakash Nanda kemudian mengulas hal ini melalui artikel yang berjudul ‘Road To Hell’: As Ukraine Receives Huge Consignments Of Foreign Arms, Why It Could Spell Doom For Rest Of The World yang tayang di The EurAsian Times pada 9 Maret 2022.

Menurut Indeks Kejahatan Terorganisir Global, selain sebagai sumber transit dan titik tujuan untuk perdagangan manusia, Ukraina adalah salah satu pasar perdagangan senjata terbesar.