Find Us On Social Media :

Ingin Gigi Sehat? Hindari Makanan Ini

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 6 September 2016 | 08:30 WIB

Ingin Gigi Sehat? Hindari Makanan Ini

Intisari-Online.com - Kesehatan gigi dan mulut .bukan sekadar persoalan estetika semata, melainkan juga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Salah satu faktor penyumbang gigi sehat maupun rusak adalah makanan. Berikut adalah empat makanan yang dapat merusak menurut Matthew Messina, dokter gigi asal Ohio dan juru bicara American Dental Association, seperti dilansir dalam ABC News:

1. Buah jeruk dan Lemon

Meski kaya vitamin C, namun kandungan asam dalam buah jeruk dan lemon dapat mengikis enamel gigi dan kerusakan parah waktu ke waktu.

2. Soda

Sudah bukan rahasia lagi. Kandungan sitrat dan asam fosfat pada soda dapat mengikis enamel gigi, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Bahkan, mengonsumsi soda berdampak lebih besar terhadap kerusakan gigi daripada mengonsumi makanan manis atau gula.

3. Anggur

Kandungan zat chromogens pada anggur merah dapat memudarkan warna gigi. Ditambah lagi, tanin dalam anggur merah cenderung membuat mulut kering, gigi lengket, dan minimbulkan noda di gigi.

4. Kopi dan Teh

Kopi dan teh punya dampak yang sama, yakni dapat menimbulkan noda di gigi dan memudarkan warna gigi. Gigi dengan noda kopi cenderung bersifat lengket dan mengundang bakteri. Sedangkan, teh dapat mengikis enamel gigi secara substansial.