Find Us On Social Media :

Inilah Elena Glinskaya, Ibunda Kaisar Rusia yang Mengerikan, Ivan IV, yang Berhasil Lakukan Gencatan Senjata dengan Negara Ini

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 2 Maret 2022 | 08:00 WIB

Elena Vasilygay Glinskaya, ibunda kaisar Rusia yang mengerikan, Ivan IV.

Intisari-Online.comElena Vasilygay Glinskaya (1548, Moskow) adalah isteri kedua Pangeran Agung Vasili III dan wali Rusia selama 15 tahun (1533-1548).

Elena adalah putri Pangeran Vasili Lvovich Glinsky dari Putri Anna dari Serbia.

Kepada pamannya yang berkuasa, Pangeran Mikhail Glinsky, keluarga itu memiliki keistimewaannya.

Pada tahun 1526, Vasili III memutuskan untuk menceraikan istrinya yang mandul, Solomoniya Saburova, dan menikahi Elena.

Meskipun ditentang keras oleh Gereja Ortodoks Rusia, namun perceraian itu tetap dilakukan, dan Elena melahirkan Ivan IV (calon Ivan yang ‘Mengerikan’) pada tahun 1530 dan Yuri Vasilyevich (calon pangeran Uglich) pada tahun 1532.

Di ranjang kematiannya, Vasili III mengalihkan kekuasaannya kepada Elena Glinskaya sampai putra sulungnya Ivan cukup dewasa untuk memerintah negara.

Kronik pada masa itu tidak memberikan informasi yang kurang lebih tepat tentang status hukum Elena setelah kematian Vasili.

Semua yang diketahui adalah bahwa itu dapat didefinisikan sebagai kabupaten dan para bangsawan harus melapor kepadanya.

Baca Juga: Dengan Mata Biru Tua dan Pipi Merah, Maria Nikolaeva Dianggap Putri Tercantik dari Keempat Putri Tsar Nicholas II, Berada di Belakang Ibunya Ketika Eksekutor Lumpuhkan Keluarga Kaisar Rusia

 Baca Juga: Kisah Tsar Ivan IV yang Mengerikan, Bunuh Anak dan Pewarisnya Sendiri hingga Punya Penerus yang Tidak Becus Mengurus Pemerintahan

Itulah sebabnya waktu antara kematian Vasili dan kematiannya sendiri pada tahun 1548 disebut masa pemerintahan Elena.

Elena Glinskaya menggunakan Oprichnik untuk menyingkirkan Shuisky dari kekuasaan, dan mereka diusir dari negara itu atau dieksekusi dengan cepat.