Find Us On Social Media :

Hilangkan Mimpi Buruk dengan 10 Cara Ini (1)

By Bramantyo Indirawan, Selasa, 13 September 2016 | 15:30 WIB

Hilangkan Mimpi Buruk dengan 10 Cara Ini (1)

Intisari-Online.com – Mimpi memberikan visualisasi, ide, hingga perasaan saat kita tertidur. Imajinasi terasa hidup saat memejamkan mata dan beristirahat untuk memulihkan rasa letih kita. Mimpi yang indah dapat memberikan kita rasa senang hingga ketenangan, baik saat sedang tertidur hingga saat sudah bangun. Akan tetapi keindahan juga memiliki lawan dalam bentuk mimpi buruk.

Sudah sewajarnya kita mengalami mimpi buruk. Akan tetapi beda cerita apabila kita mengalaminya lebih dari satu kali hingga sering setiap bulannya. Hal ini dapat menjadi permasalahan serius yang memiliki dampak nyata seperti sulit tidur, mudah marah, hingga tidak produktif.

Alasan kita bermimpi buruk adalah kurang tidur, kurang olahraga dan makan tidak teratur, hingga stres. Akan tetapi seperti yang dikatakan oleh penulis Inggris bernama C. S. Lewis, “mimpi buruk tidak akan berlangsung untuk lama.” Atasi permasalahan yang berada di alam bawah sadar kita ini dengan 10 cara berikut.

1. Kontrol emosi

Saat kita bersiap untuk tidur pastikan kita tidak sedang marah atau stres. Biasakan untuk menenangkan diri terlebih dahulu sebelum tidur saat mengalami kedua hal ini.

2. Perhatikan video, audio, atau tulisan yang kita konsumsi

Sebelum tidur pastikan kita tidak menonton televisi atau membaca sesuatu yang seram. Baik film horror, novel mencekam, hingga video-video yang memaparkan kesadisan nyata. Selain itu mengurangi konsumsi secara keseluruhan agar tidak menempel di alam bawah sadar kita.

3. Lengkapi kamar dengan bunga segar atau aromaterapi

Bau-bauan memberikan efek positif pada tidur hingga mimpi kita.

4. Gunakan white noise

Kadang mimpi dapat dipengaruhi stimulan di lingkungan tempat tidur tanpa membangunkan kita. Seperti contoh klakson mobil di kejauhan dan sentuhan kucing peliharaan dapat mempengaruhi mimpi hingga menjadi buruk.

Kita tidak bisa mengontrol sepenuhnya, akan tetapi suara bisa membantu menjaga ketenangan dan menciptakan tidur dan mimpi yang lebih baik. Gunakan suara atau aplikasi yang menghasilkan white noise, sebuah suara datar yang digunakan untuk memperdalam tidur. Dari air yang tenang, jangkrik, atau suara lain yang membuat otak kita tenang.

Cari tahun 6 cara untuk menghilangkan mimpi buruk di bagian kedua artikel ini.

(bustle.com/dreamstudies.org/gizmodo.com)