Find Us On Social Media :

Ingin Anak Sehat? Ajak Anak Berolahraga dan Bermain di Luar

By Mentari Desiani Pramudita, Selasa, 6 September 2016 | 07:00 WIB

Ingin Anak Sehat? Ajak Anak Berolahraga dan Bermain di Luar

Intisari-Online.com- Orangtua selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Untuk kesehatan anak, orangtua harus esktra hati-hati. Walau sudah mengatur pola makan, seorang anak juga harus melakukan kegiatan olahraga dan bermain di luar bersama temannya. Karena jika pola makan baik diselingi dengan keseringan menonton televisi, ini juga tidak baik.

Dr. Heather Manson, penulis studi sekaligus kepala promosi kesehatan di Kanada, mengatur pola makan anak sudah merupakan salah satu tugas orangtua demi kesehatan anak. Tapi meskipun begitu, ada hal lain yang harus dilakukan orangtua. Yaitu aktivitas fisik atau banyak bergerak.

Studi ini diikuti oleh 3.200 orangtua yang memiliki minimal satu orang anak di bawah usia 18 tahun. Dari studi ditemukan, orangtua sudah mengatur pola makan anak akan tetapi membiarkan anak keseringan menonton televisi. Di Amerika Serikat dan Kanada, satu dari tiga anak memiliki kelebihan berat badan walau pola makannya diatur tapi tidak banyak bergerak.

Untuk itu, saran dari Dr. Heather agar anak usia lima sampai 17 tahun setidaknya harus melakukan aktivitas fisik 60 menit sehari. Untuk pola makan, berikan empat sampai delapan porsi buah dan sayuran perhari. Jangan lupa berikan anak waktu bermain di luar bersama teman-temannya pada sore hari maksimal dua jam.

Orangtua memiliki peran sebanyak 35 persen untuk aktivitas fisik anak. Karenanya orangtua disarankan mengajak anak ke taman bermain atau melakukan program harian dengan anak. Kurangi menonton televisi selama berjam-jam dan menggunakan perangkat gadget seperti tablet, terutama ketika malam hari.

(health.com)