Find Us On Social Media :

Mengapa Kita Membutuhkan Lebih Banyak Kalori? (1)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 10 September 2016 | 10:30 WIB

Mengapa Kita Membutuhkan Lebih Banyak Kalori? (1)

Intisari-Online.com - Secara sederhana, kalori merupakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk seluruh fungsi vitalnya. Tubuh terus-menerus membakar kalori, ketika kita duduk menonton tv, tidur, makan, olahraga, dan lainnya.Kebutuhan kalori berubah tergantung berdasarkan apa yang kita lakukan, misalnya saat berolahraga, maka kita membutuhkan lebih banyak kalori. Tak perlu khawatir tentang kalori karena justru tubuh membutuhkannya. Berikut adalah faktanya:

1. Makanan yang kita makan memasok energi kalori dan ini memberikan bahan bakar untuk menjalankan proses metabolisme. Hal ini kemudian memungkinkan tubuh untuk melakukan pekerjaannya meningkatkan kesehatan fisik serta mengencangkan otot. Yang terpenting adalah kualitas kalori. Bila serius dengan kebugaran tubuh, maka kalori berperan besar dalam hal ini. Hindari makanan olahan dan perbanyak makanan mengandung protein tanpa lemak, karbohidrat, serta lemak secara konsisten dan jumlah yang sedang.

2. Kalori tidak berhenti terbakar ketika kita berkegiatan atau berolahraga. Tubuh bekerja dan membakar kalori setiap saat melalui proses pencernaan, menjaga hati, menjaga paru-paru, dan membangun kembali jaringan otot. Ini semua memerlukan bahan bakar dengan kualitas yang baik, dengan menjaga asupan makanan. Dan, salah satu kesalahan diet terbesar adalah membatasi kalori sekecil mungkin. Terlalu banyak kalori yang dibatasi justru akan membuat tubuh merespon dengan memegang lemak sebagai energi untuk melindungi diri.

3. Ketika kalori berubah menjadi energi, maka ketika berolahraga, perbaikan jaringan ramping atau tidak berlemak akan ditekan. Kalori memberikan manfaat bagi tubuh yang sebagian besar berasal dari makanan sehat dan nutrisi di dalam makanan akan membentuk otot tidak berlemak. Sebagian orang mencoba untuk mendapatkan otot dengan diet yang salah, yaitu dengan mengurangi jumlah kalori. Bila tidak cukup kalori saat makan, maka akan berdampak buruk untuk olahraga serta pertumbuhan otot.