Find Us On Social Media :

Kapan Waktu yang Tepat Menggosok Gigi?

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 14 September 2016 | 06:00 WIB

Kapan Waktu yang Tepat Menggosok Gigi?

Intisari-Online.com - Selama ini ternyata berkembang salah kaprah dalam merawat gigi. Seperti dalam menggosok gigi. Lantas, kapan waktu yang tepat dalam menyikat gigi? Apa saja yang harus diperhatikan?

Jangan kaget kalau kebiasaan Anda menggosok gigi dua kali sehari sewaktu mandi itu salah. Ya, salah! Waktu menyikat gigi yang benar ternyata pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Toh Anda tak perlu bersedih dan malu. Soalnya, menurut laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan RI, Anda memiliki banyak kawan. Yakni sampai 77,1% penduduk Indonesia berperilaku seperti Anda. Hanya 2,3% penduduk Indonesia yang menyikat gigi dengan benar.

Mengapa menyikat gigi yang benar sehabis makan dan sebelum tidur? Sebab, jika kita tidak menyikat gigi sehabis makan, maka dalam waktu empat jam, bakteri yang bercampur dengan makanan dapat menimbulkan karang dan lubang pada gigi.

Begitu juga saat tidur di malam hari. Ketika tidur, produksi saliva atau air liur menurun, sehingga self cleansing berkurang dan membuat bakteri berkembang yang akhirnya dapat membuat gigi berlubang.

Nah, kini Anda sudah tahukan waktu yang tepat menyikat gigi. Mulailah dari sekarang menerapkan kebiasaan tersebut.

(Majalah Intisari edisi September 2016)