Find Us On Social Media :

Kenali Gejala Kanker Pada Wanita Melalui Perubahan Tubuh (2)

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 28 September 2016 | 06:30 WIB

Kenali Gejala Kanker Pada Wanita Melalui Perubahan Tubuh (2)

Intisari-Online.com - Kanker payudara masih menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia pada wanita. Meski banyak wanita yang mulai peduli, nyatanya gejala kanker masih belum disadari. Padahal, tanda-tanda tersebut sangat penting untuk mendeteksi dini. Sebab, semakin cepat diketahui, semakin cepat diatasi. Berikut ini adalah 10 tanda mengenali gejala kanker melalui perubahan tubuh:

5. Garis gelap pada kuku

Kuku dapat mengungkapkan gejala dari beberapa penyakit bahkan penyakit paling ditakuti. Bahkan, beberapa bisa berakibat fatal jika tidak didiagnosis dari awal. Misalnya, garis-garis vertikal gelap sepanjang kuku atau dalam dunia medis dikenal melanochia linear. Kondisi ini adalah salah satu sinyal peringatan yang paling jelas dan berbahaya dalam gejala kanker. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal tersebut karena tidak menyebabkan rasa sakit. Padahal, hal itu dapat menunjukkan salah satu jenis kanker kulit.

6. Kelelahan

Meski sulit untuk mendeteksi penyakit, namun jika Anda sering mengalami kelelahan tanpa melakukan apapun, bisa jadi itu tanda Anda penyakit yang bersarang di tubuh. Segeralah untuk mengkonsultasikan ke dokter.

7. Perubahan kulit

Seperti diketahui bahwa tahi lalat harus diperiksa secara teratur, baik perubahan, ukuran, atau teksturnya. Jika adanya tanda-tanda perubahan, maka Anda patut mewaspadainya. Selain tahi lalat, kulit mengelupas, perdarahan kulit, atau mulut luka, bisa menjadi gejala kanker.

(reinventingaging.org)