Find Us On Social Media :

Analis Peringatkan Dunia Agar Tak Lengah, Korea Utara Sedang Tingkatkan Rudalnya dan Kim Jong Un Tak Akan Ragu untuk Menggunakan Senjata Nuklir Tersebut

By Tatik Ariyani, Minggu, 6 Februari 2022 | 17:44 WIB

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Intisari-Online.com - Hingga saat ini, Korea Utara masih terus menguji coba rudalnya.

Baru-baru ini, rudal Korea Utara mengingatkan dunia bahwa Kim Jong-un tidak akan ragu menggunakan senjata nuklir tersebut untuk memastikan kelangsungan hidup rezimnya, seorang analis pertahanan telah memperingatkan.

Pada hari Minggu, Korea Utara menguji coba rudal balistik jarak menengah untuk pertama kalinya sejak 2017 yang merupakan uji coba ketujuh pada bulan lalu, melansir Express.co.uk, Minggu (6/2/2022).

Pyongyang kemudian merilis gambar tidak biasa yang diklaim diambil dari proyektil Hwasong-12 yang menunjukkan pemandangan dari luar angkasa, khususnya bagian dari semenanjung Korea dan daerah sekitarnya.

Pejabat AS dan Korea Selatan mengklaim peluncuran itu bisa menjadi langkah menuju dimulainya kembali uji coba rudal jarak jauh atau senjata nuklir.

Cristina Varriale, Rekan Peneliti, Proliferasi dan Kebijakan Nuklir di Royal United Services Institute (RUSI) mengatakan: “Sangat masuk akal untuk berpikir bahwa program nuklir Korea Utara sedang berlangsung.

“Meskipun kami belum melihat hal-hal seperti uji coba nuklir dalam beberapa tahun terakhir (yang terakhir terjadi pada 2017), itu tidak berarti program tersebut tidak aktif.”

Varriale menambahkan: “Meskipun tahun-tahun terakhir telah melihat uji coba rudal yang jauh lebih sedikit daripada empat atau lima tahun yang lalu, itu tidak boleh disamakan dengan DPRK (Korea Utara) yang mundur atau menghentikan program misilnya.

Baca Juga: Ancaman Senjata Hipersonik China Makin Meningkat, AS Buru-buru Kembangkan Rudal SM-6, Jadi Satu-satunya yang Mampu Hadapi Senjata Hipersonik

 Baca Juga: Seisi Eropa Menahan Napas! Senjata 'Tak Tertandingi' Rusia yang Bisa Hancurkan Rudal Nuklir dalam Sekejab, Telah Selesai Dibuat, Amerika dan NATO Langsung Blingsatan

“Sebaliknya, kemungkinan pekerjaan yang sedang berlangsung berada di tingkat yang lebih rendah, misalnya berbasis lab, dan karena itu tidak sejelas aspek lain dari pengembangan yang sedang berlangsung seperti pengujian.”

Ditanya tentang kejadian baru-baru ini, Varriale menjelaskan: “Saya pikir mungkin ada beberapa alasan untuk kebingungan baru-baru ini. Pengujian sekarang masuk akal untuk jadwal pembangunan Korea Utara; semua aktivitas tingkat yang lebih rendah dan kurang terlihat saat ini berada pada tahap yang siap untuk diuji.”