Find Us On Social Media :

Dianggap Penggoda Paling Cantik dan Lebih Tenar Daripada Para Firaun, Di Manakah Sebenarnya Makam Ratu Mesir Terakhir Nan Legendaris Cleopatra, Kota Kelahirannya Sendiri Telah Hancur Karena Tsunami

By K. Tatik Wardayati, Senin, 31 Januari 2022 | 08:05 WIB

Wajah Cleopatra dalam film dan pada koin.

Intisari-Online.comMakam ratu terakhir Mesir, Cleopatra, rupanya telah lama menjadi misteri bagi para arkeolog.

 Terlepas dari ketenaran besar ratu legendaris Mesir Kuno ini, dan diabadikan selama ribuan tahun sebagai penggoda yang cantik, makamnya menjadi salah satu misteri besar arkeologi yan gbelum terpecahkan.

Cleopatra adalah wanita terhebat di zamannya dan salah satu tokoh paling ikonik di dunia kuno.

Beberapa orang percaya bahwa dia dimakamkan di Alexandria, tempatnya dilahirkan dan memerintah dari istana kerajaannya, sebuah kota yang hancur oleh tsunami pada 365 M.

Sementara yang lain berpendapat bahwa tempat peristirahatan terakhirnya mungkin sekitar 50 kilometer jauhnya, yaitu di kuil kuno Taposiris Magna, yang dibangun oleh leluhurnya Ptolemaik di Delta Nil.

Pada tahun 2020, dua mumi individu berstatus tingg, yang sezaman dengan Cleopatra, ditemukan di Taposiris Magna.

Pada awalnya sepenuhnya ditutupi dengan daun emas, sebuah kemewahan yang hanya dimiliki oleh mereka yang berasal dari eselon tinggi masyarakat.

Mumi-mumi itu diradiografi, menetapkan bahwa mereka adalah perempuan dan laki-laki.

Baca Juga: 2.000 Tahun Setelah Kematiannya, Begini Rupanya Hasil Rekonstruksi Digital Wajah Cleopatra dan Fakta Menakjubkan Tentang Ratu Mesir yang ‘Skandal’ Cintanya Rumit dengan Penguasa Roma, Benarkah Cantik?

 Baca Juga: Tak Hanya Dampingi Sebagai Permaisuri Firaun Saja, Peran Wanita Sangat Kuat di Mesir Kuno, Mulai dari Pengasuhan Anak-anak Hingga Jalankan Bisnis Kecuali Bagian dari Militer, Inilah Mereka!

Mereka bisa jadi pendeta yang memainkan peran kunci dalam mempertahankan kekuatan para firaun.

Satu membawa gambar scarab, yang melambangkan kelahiran kembali, dicat dengan daun emas.