Find Us On Social Media :

Lebih Tua dari Kerajaan Kutai, Kerajaan Ini Disebut sebagai Kerajaan Tertua di Nusantara, Bermula dari Orang India yang Menikahi Wanita Jawa

By Khaerunisa, Minggu, 30 Januari 2022 | 17:45 WIB

Naskah Wangsakerta.

Intisari-Online.com - Kerajaaan Kutai di Kalimantan Timur dan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat dikenal sebagai kerajaan awal atau tertua di Nusantara.

Tapi rupanya, ada versi berbeda soal kerajaan tertua di Nusantara.

Menurut Pustaka Rajya Rajya I Bhumi Nusantara, yang merupakan bagian dari Naskah Wangsakerta, kerajaan tertua di Nusantara adalah Kerajaan Salakanagara.

Kerajaan Kutai berdiri antara 350-1605, dan Kerajaan Tarumanagara tahun 358-669.

Sementara itu, disebut bahwa Kerajaan Salakanagara berdiri antara 130-362 masehi.

Selain kerajaan tertua di Nusantara, Salakanagara juga diyakini sebagai leluhur Suku Sunda. Hal ini karena wilayah peradaban keduanya sama persis.

Terdapat tiga lokasi yang diyakini sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Salakanagara.

Tiga lokasi tersebut adalah Teluk Lada (Pandeglang, Banten), Condet (Jakarta) dan Gunung Salak (Bogor).

Baca Juga: Kekejaman Henry VIII, Raja Inggris yang Legalkan Poligami untuk Dirinya Sendiri Sampai Nikahi Enam Wanita Tapi Jadi Kepala Gereja, Salah Satu Istrinya Justru Ia Penggal Karena Perselingkuhan Liar Ini

Baca Juga: Meski Penghasil Minyak Kelapa Sawit Terbesar di Dunia, Pantas Saja Minyak Goreng di Indonesia Masih Saja Mahal, Ternyata Justru Malaysia yang Bisa Mengatur Harga Minyak, Ini Penyebabnya!

Wilayah kekuasaan Kerajaan Salakanagara meliputi daerah Jawa bagian barat, termasuk pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Jawa dan laut yang membentang sampai Pulau Sumatera.

Sejarah kerajaan ini cukup misterius karena terbatasnya sumber sejarah dan arkeologi seperti catatan ataupun peninggalan berwujud prasasti dan candi.