Find Us On Social Media :

Inilah Negara yang Terletak Paling Utara di ASEAN, Sekaligus Satu-satunya Negara yang Memiliki Tiga Musim di Asia Tenggara

By Tatik Ariyani, Rabu, 5 Januari 2022 | 17:45 WIB

ilustrasi negara yang terletak paling utara di ASEAN

Intisari-Online.com - Manakah negara yang terletak paling utara di ASEAN serta berbatasan langsung dengan negara-negara kawasan lainnya?

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations merupakan organisasi internasional yang bersifat kawasan yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Hampir semua negara Asia Tenggara tergabung dalam organisasi ini, kecuali negara termuda Timor Leste yang belum menjadi anggota.

ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967, dilandasi oleh penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh lima negara pendirinya yakni Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Setelah resmi berdiri, satu per satu negara Asia Tenggara lainnya ikut bergabung, di antaranya: Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Kini ASEAN beranggotakan 10 negara, di kawasan Asia Tenggara, di mana beberapa negara berbatasan langsung dengan negara-negara di kawasan lainnya.

Luas wilayah ASEAN mencapai 4,5 juta kilometer persegi atau sekitar 3 persen total luas daratan di bumi.

Negara yang berada di ujung selatan sekaligus yang paling timur ASEAN adalah Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Negara yang Terletak Paling Utara di ASEAN, Jadi Satu-satunya Negara yang Memiliki Tiga Musim di Asia Tenggara

Baca Juga: Berbatasan Langsung dengan China dan India, Inilah Negara yang Terletak Paling Utara di ASEAN

Indonesia berbatasan langsung dengan Papua Nugini di sebelah timur.

Sementara itu, negara yang terletak paling utara di ASEAN adalah Myanmar.