Find Us On Social Media :

'Membelah' Sejarah Kejayaan Majapahit Bersama Trowulan, Blitar Ternyata Punya 'Magnet' Khusus yang Bikin Hayam Wuruk Kerap Mengunjunginya, Bukti Darma Sang Raja

By May N, Rabu, 22 Desember 2021 | 19:00 WIB

Raja Majapahit Hayam Wuruk

Intisari - Online.com - Sebagai kerajaan terbesar di Nusantara, Majapahit tidak diragukan lagi memiliki bukti kejayaan di berbagai tempat.

Salah satunya adalah di Trowulan, tapi tahukah Anda, bukti kejayaan mereka tidak hanya di Trowulan saja.

Salah satunya di daerah Blitar, yang merupakan salah satu tempat yang pernah dikunjungi Raja Majapahit, Hayam Wuruk dalam perjalanannya ke desa-desa wilayah Majapahit.

Kunjungan itu tertulis dalam kitab Negarakertagama atau dikenal juga sebagai Desawarnana.

Baca Juga: Libatkan 2 Pasukan Elite Terbaik Hingga Picu 'Civil War' Paling Mematikan di Era Majapahit, Pertempuran Bhayangkara dan Dharmaputra Ini Jadi Pijakan Gajah Mada ke Puncak Kejayaan

Blitar adalah kota kecil di Jawa Timur bagian selatan, sarat dengan peninggalan sejarah masa Hindu-Buddha sejak zaman Kediri sekitar abad XII M sampai akhir masa kerajaan Majapahit.

Banyak tinggalan arkeologis dari masa Majapahit yang terdapat di wilayah Kabupaten Blitar, hal itu menunjukkan jika daerah tersebut mempunyai peran penting pada masa lalu terutama masa Majapahit.

Blitar memiliki peran penting bagi Majapahit seperti ditulis dalam buku "Majapahit, Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota".

Permasalahannya peran apakah yang telah dimainkan oleh daerah Blitar pada masa itu, sehingga tinggalan-tinggalan penting dari masa Majapahit banyak terdapat di wilayah tersebut?

Baca Juga: Salah Satunya Sampai Terukir Abadi dalam Kronik China, Inilah Tiga Wanita Penguasa Majapahit, Ada yang Kejeliannya Jadi Kunci Kedigdayaan Majapahit