Find Us On Social Media :

Tak Peduli Israel Sekutu Dekat AS, 3 Perusahaan Israel Ini Kepergok Kirim Rudal Jelajah ke China

By Tatik Ariyani, Selasa, 21 Desember 2021 | 16:17 WIB

Ilustrasi peluncuran rudal dari pangkalan udara Palmachim di pusat Israel pada Juli 2018 lalu.

Intisari-Online.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa Amerika Serikat (AS) dan Israel memiliki hubungan yang sangat dekat.

Seorang analis Timur Tengah di Israel Policy Forum Michael Koplow mengatakan kepada Business Insider bahwa kedekatan AS dengan Israel sangat terikat dengan dua faktor.

Faktor pertama adalah pertukaran data intelijen sedangkan faktor kedua adalah "persamaan ideologi".

Intelijen dan pengetahuan Israel tentang urusan Timur Tengah tak tertandingi oleh negara mana pun di dunia dan hal itu menguntungkan AS dalam segala hal.

Baca Juga: Nyaris Bikin 2 Negara Tegang, Terkuak Momen Menegangkan Saat Paspampres Indonesia Todongkan Pistol ke PM Israel dan Pengawalnya, Bermula dari Kisruh Kecil-kecilan Ini

Di sisi lain, hubungan Israel dan China juga mengalami peningkatan, sementara China dan AS saling berseteru.

Dalam beberapa waktu terakhir, terlihat hubungan bilateral antara Israel dan China telah mengalami perubahan yang relatif positif.

Melansir The EurAsian Times, Kamis (7/10/2021), China telah berinvestasi cukup besar di terminal baru pelabuhan Haifa di Israel.

Hal ini telah memberikan dorongan ekonomi ke Tel Aviv dan tampak seperti langkah positif dalam hubungan China-Israel.

Baca Juga: Padahal Bukan Emas, Harta Karun Raja Sulaiman Konon Sangat Diinginkan Orang Yahudi, Rupanya Isinya Hal 'Sakral' Ini