Find Us On Social Media :

Gaet Minat Wisatawan, Balikpapan dan Surakarta Andalkan Penerapan Smart Branding

By Tim Konten, Selasa, 14 Desember 2021 | 12:46 WIB

Penyelenggaraan Solo International Performing Arts (SIPA).

Intisari-Online.com –  Konsep kota pintar atau smart city tengah digencarkan di berbagai kabupaten/kota. Langkah ini ditandai dengan adanya Gerakan Menuju Smart City.

Sebagai informasi, Gerakan Menuju Smart City merupakan program yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sejak 2017. Gerakan ini ditujukan guna membimbing kota dan kabupaten dalam menyusun pembangunan berbasis smart city.

Pada pelaksanaan tahun ini, strategi pembangunan smart city tidak hanya mencakup pembangunan secara umum, tetapi promosi potensi wisata masing-masing kabupaten/kota.

Salah satu bentuk penerapannya dapat dilihat di ibu kota negara (IKN) baru, Balikpapan, Kalimantan Timur. Setelah dinobatkan sebagai IKN, pemerintah kota (Pemkot) setempat mulai melakukan berbagai pembenahan. Utamanya di sektor wisata.

Baca Juga: Bertahan Sekitar 8.000 Tahun, DNA Mammoth dan Kuda yang Tersisa di Tanah Beku dan Dibekukan dalam Freezer, Bikin Para Ilmuwan Tulis Ulang Kepunahan Makhluk itu di Zaman Es, Benarkah Lebih Lambat?

City branding merupakan salah satu bagian dari langkah pembangunan berbasis smart city, menjadi salah satu strategi yang diterapkan. 

Adapun langkah pertama yang dilakukan Pemkot Balikpapan adalah dengan meluncurkan logo baru pada 2020 dan pembenahan infrastruktur transportasi.

Perubahan logo dilakukan guna menegaskan citra Balikpapan sebagai IKN. Logo baru tersebut disematkan pada setiap lokasi wisata, sarana dan prasarana wisata, bus pariwisata, serta suvenir.

Untuk memudahkan wisatawan dalam mengunjungi lokasi wisata, Pemkot Balikpapan menyediakan bus Balikpapan City Tour. Nantinya, bus akan mengantar wisatawan berkeliling ke titik-titik pemberhentian yang jadi daya tarik kota. Misalnya, Kawasan Niaga Klandasan, Stadion Batakan, dan Pantai Manggar Segara Sari.

Baca Juga: Miliki Potensi Wisata Besar, Simalungun Siap Berkembang Lewat Gerakan Menuju Smart City

Selain memudahkan akses, pemkot juga membenahi destinasi wisata. Di samping melengkapi fasilitas, infrastruktur jalan menuju masing-masing destinasi wisata juga dibenahi guna memudahkan akses wisatawan ke lokasi wisata.

Mengingat kenyamanan memainkan peranan penting dalam pariwisata, para pelaku usaha wisata juga diberikan keterampilan hospitality.