Find Us On Social Media :

Mau Tahu Apa Weton Anda? Begini Cara Hitungan Weton Berdasarkan Neptu Bulan dan Tahun Jawa dalam Penanggalan Jawa Menurut Kitab Primbon Jawa

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 8 Desember 2021 | 18:50 WIB

Cara hitungan weton berdasarkan penanggalan Jawa.

Intisari-Online.com – Sudah tahukah weton Anda, begini cara hitungan weton berdasarkan neptu bulan dan tahun Jawa menurut primbon Jawa.

Weton merupakan hari kelahiran, yang dalam bahasa Jawa, ‘wetu’ artinya lahir atau kelahiran, tambahan akhiran –an, membentuk kata itu menjadi kata benda.

Umum digunakan oleh masyarakat Jawa, weton merupakan gabungan antara hari dan pasaran saat bayi lahir ke dunia.

Weton lebih banyak digunakan untuk beragam kebutuhan, seperti pernikahan atau menentukan jodoh seseorang.

Baca Juga: 4 Weton ini Diramalkan Bakalan Punya Banyak Uang, Tetapi Tidak Bisa Menjadi Kaya Menurut Primbon Jawa

Dalam masyarakat Jawa, masih dipercayai bahwa hari kelahiran seseorang membawa pengaruh pada sifat, karakter, dan jalan hidup mereka yang akan menentukan masa depan seseorang.

Menurut primbon jawa, dalam mencari hitungan weton, terdapat kaidah-kaidah tertentu dan penghitungan biasanya diambil dari tanggal, bulan, atau tahun.

Dalam penanggalan Jawa, satu pekan terdiri dari tujuh hari yang ditambahkan dengan hari pasaran yang terdiri dari lima hari, yaitu Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Baca Juga: Primbon Jodoh, Kecocokan Calon Suami Istri Berdasarkan Hari Kelahiran Menurut Primbon Jawa, Sudah Cocokkah Anda dan Pasangan?