Find Us On Social Media :

Beginilah Rekayasa Teknik yang Dilakukan oleh Orang Mesir Kuno, Terutama dalam Pembangunan Piramida dan Monumen Lain, Gunakan Bagian Tubuh Ini Sebagai Sistem Pengukuran, Bagaimana Caranya?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 8 Desember 2021 | 15:30 WIB

Piramida Agung Giza

Intisari-Online.com – Beberapa monumen besar berdiri sebagai saksi keunggulan teknik orang-orang Mesir Kuno.

Bisa dikatakan bahwa orang Mesir Kuno mungkin adalah pembangun pertama di planet Bumi ini.

Sudah menjadi rahasia umum bagi para sejarawan bahwa orang Mesir memiliki pengetahuan dan bakat yang belum pernah ada sebelumnya dalam keterampilan teknik.

Orang Mesir Kuno mampu melakukan proyek-proyek rekayasa canggih, seperti piramida besar dan kuil-kuil besar dengan alat yang sangat primitif.

Baca Juga: Tak Hanya Kitab Primbon Jawa yang Berisi Tafsir Mimpi, Inilah Buku Mimpi Mesir Kuno, Berisi Tafsir Mimpi Baik Maupun Buruk dan Apa yang Harus Dilakukan Bila Mengalami Mimpi Buruk

Mereka telah mengembangkan metode untuk tambang dan memindahkan balok batu besar dan kemudian menempatkan di posisinya.

Piramida dibangun di atas horizontal secara sempurna, sejajar dengan bintang-bintang, dan ini membutuhkan pengukuran yang tepat dan manusia berbadan sehat.

Tukang batu, insinyur, dan pekerja konstruksi menggunakan bagian tubuh mereka sebagai sistem pengukuran.

Satuan dasar ukuran merek adalah hasta, yaitu jarak antara siku dan ujung jari tengah.

Baca Juga: Berusia 3.400 Tahun, Artefak Perhiasan Mesir Kuno Mirip yang Digunakan Nefertiti dan Segel Mesopotamia Ini Ditemukan Arkeolog di Siprus, Berikan Petunjuk Jaringan Perdagangan di Zaman Perunggu